Sukses

Tips Jitu agar Mampu Plank Semenit

Liputan6.com, Jakarta Plank menjadi salah satu gerakan yang bisa memperkuat otot-otot perut. Walaupun begitu, beberapa orang bingung tentang durasi yang ideal dalam melakukan plank. Khususnya bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya.

Melansir Reader's Digest pada Rabu (30/1/2019), untuk mendapatkan hasil terbaik, melakukan tiga kali plank dengan durasi 60 detik setiap plank dianggap yang paling ideal. Setidaknya, inilah yang direkomendasikan personal trainer PhilanthroFIT dari New York, Amerika Serikat, Doug Sklar.

Namun, jika Anda baru mengenal gerakan ini, ada baiknya tidak memaksakan diri untuk mencoba tiga set secara langsung. Ini berisiko melukai diri sendiri.

"Tidak apa-apa untuk memulai dengan set yang lebih sedikit dan menahannya hingga 60 detik," kata Sklar pada Women's Health.

"Memaksakan diri melakukan plank untuk waktu yang terlalu lama bisa membuat Anda merasakan ketegangan. Saat kelelahan mulai terjadi, punggung bawah mungkin mulai melengkung," kata Sklar.

"Di tahap inilah Anda menempatkan diri pada risiko cedera," tambahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Mulai dari 10 detik

Sklar menambahkan, apabila durasi satu menit terlalu berat, cobalah untuk melakukannya selama 10 detik. Kemudian istirahatlah 10 detik, kemudian lakukan lagi plank 10 detik.

Ulangi pola ini hingga tiga sampai enam kali. Jika Anda merasa ini tidak akan berhasil, tidak perlu khawatir. Melakukan plank untuk waktu yang singkat bisa menjadi latihan yang baik.

"Anda menerima manfaat penguatan yang sangat mirip karena Anda menggerakkan otot-otot untuk jumlah total waktu yang sama, seolah-olah Anda melakukan plank selama 30 hingga 60 detik tanpa henti."

Bagi beberapa orang, menahan plank satu menit mungkin terlalu mudah. Karena itu, menurut pendiri SoHo Strength Lab, Albert Matheny, cobalah untuk meningkatkan tingkat kesulitannya. Misalnya dengan mengontraksi perut.

Yang terpenting tentu saja adalah bentuk dari plank itu sendiri. Anda bisa mendapatkan manfaatnya selama ini dilakukan dengan posisi yang benar.

"Menjaga bentuk yang sempurna adalah tujuannya, lakukan saja selama Anda bisa mempertahankannya," kata Matheny.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bahaya Buat Kesehatanmu, Jangan Pinjamkan 6 Barang Ini ke Orang Lain
Artikel Selanjutnya
6 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Musim Hujan