Sukses

7 Manfaat Dahsyat Melakukan Plank Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Plank yang memiliki posisi seperti push up namun dengan posisi statis dan menahan berat tubuh selama beberapa menit merupakan sebuah gerakan olahraga yang paling banyak digemari karena secara langsung berkontraksi dengan otot di seluruh tubuh.

Tak hanya memberikan manfaat bagi tubuh, plank juga bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan di sela waktu istirahat saat bekerja.

Untuk Anda yang rutin melakukan planking setiap hari berikut adalah 7 manfaat baik yang Anda rasakan, seperti dikutip dari Sooperboy, Kamis (1/3/2018).

1. Efektif meningkatkan vitalitas tubuh.

Planking adalah latihan sempurna untuk otot perut karena membutuhkan semua otot inti tubuh, termasuk transverse abdominus, rectus abdominus dan external oblique muscle.

Kebugaran otot inti tubuh tak bisa disepelekan, karena setiap otot tubuh berperan penting dalam membentuk postur tubuh.

2. Resiko cidera punggung dan tulang belakang berkurang

Plank akan membentuk ototmu dengan cara yang sederhana dan tak memaksa pinggulmu untuk bekerja keras.

Berdasarkan American Council on Exercise, melakukan planking secara rutin akan menguatkan otot dan tulang punggung.

3. Metabolisme tubuh semakin meningkat

Planking setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut biasa seperti sit up. Plank sangat dibutuhkan untuk Anda yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.

4. Postur tubuh berubah lebih baik

Sering plank akan mengubah postur tubuh untuk berdiri lebih tegap dan stabil.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

1 dari 2 halaman

5. Keseimbangan tubuh semakin membaik

Mengapa seseorang seringkali mudah terjatuh? Itu karena otot perut tak cukup kuat untuk memberi Anda keseimbangan yang di butuhkan. Nah, dengan rajin plank, Anda akan lebih mudah melakukan olahraga apa saja.

6. Tubuh akan semakin fleksibel dan lentur

Fleksibilitas adalah manfaat utama dari plank. Selain menguatkan otot tubuh, tubuhmu juga akan semakin lentur dan fleksibel karena latihan menahan berat badan setiap harinya.

7. Selain menyehatkan tubuh juga menyehatkan pikiran

Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, plank juga bisa menyehatkan pikiran. Karena ketika seharian Anda letih duduk berlama-lama menghadapi komputer yang membuat otot paha dan leher terasa kaku dengan melakukan planking sesaat akan membuat postur tubuh menjadi lebih baik.

Lakukan setiap hari, Anda hanya butuh waktu 5 hingga 10 menit dan berikan jeda pada beberapa menit latihan untuk posisi berbeda.

(Sumber: Sooperboy.com)