Sukses

Tiga Kepribadian Ini Tunjukkan Anda Lebih Sehat, Apa Saja?

Sebuah penelitian mengungkapkan tiga sifat kepribadian yang dimiliki seseorang yang lebih sehat secara mental

Liputan6.com, Jakarta Kepribadian ternyata juga memiliki pengaruh pada kesehatan seseorang. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal orang dengan beberapa kepribadian kemungkinan lebih sehat daripada yang lain.

Mengutip Women's Health pada Selasa (1/1/2019), mereka yang memiliki sifat ramah, percaya diri, dan optimistis dianggap mempunyai kepribadian yang sehat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat harga diri yang tinggi, optimisme, pandangan yang jelas akan diri sendiri, serta keterampilan dalam mengatur diri.

"Orang yang sehat secara psikologis dapat dicirikan sebagai orang yang mampu mengalami dan mengekspresikan emosi secara langsung, hangat, ramah, percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri, stabil secara emosional, dan cukup tangguh terhadap stres," kata penulis utama studi Weibke Bliedorn.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepribadian yang sehat

Selain itu, mereka juga menunjukkan sifat yang tidak agresif, tidak mengeksploitasi orang lain, mandiri, serta mudah untuk melawan impuls dan tetap fokus.

Adapun penelitian ini dilakukan oleh Bliedorn dan rekan-rekannya dari University of California, Davis, Amerika Serikat. Mereka berkonsultasi dengan lebih dari 200 psikolog dan mengumpulkan data dari tiga ribu orang lebih untuk dianalisis.

Mereka mengidentifikasi sifat-sifat dasar yang membuat seseorang mampu menyesuaikan diri secara psikologis. Penelitian ini didasarkan pada lima besar kepribadian yaitu: neuroticism, extraversion, openness to experience, agreeableness, dan conscientiousness.

Studi ini juga menggunakan sistem kepribadian yang disebut Revised NEO Personality Inventory yang menguraikan 30 sub-kategori sifat yang tercantum sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.