Sukses

Saat Kurban, Perhatikan Syarat-Syarat Penting Ini

 

Liputan6.com, Jakarta Sebelum Idul Adha, paling tidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang hewan kurban. Salah satunya terkait tempat penampungan dan pemotongan hewan qurban.

Mengutip dari edaran Pedoman Penyembelihan Hewan Qurban dari Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta pada Selasa (21/8/2018), berikut ini yang harus Anda perhatikan mengenai tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban.

Mengenai tempat penampungan hewan kurban Idul Adha, Anda harus memastikan bahwa kandang penampungan untuk hewan bersih, lantai kering, serta dapat melindungi hewan dari terik matahari dan hujan, serta memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Selain itu, tempat penampungan juga harus menyediakan tempat makanan dan minum ternak, serta memberikan kenyamanan bergerak bagi hewan.

Selain itu, tempat penampungan juga harus memiliki pagar pembatas, tidak menempati taman atau jalur hijau, dan pastikan mereka memiliki izin dari kelurahan setempat.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tempat Pemotongan Hewan Kurban

Bicara mengenai tempat pemotongan hewan kurban saat Idul Adha, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Yang pertama, lokasi haruslah mudah dibersihkan seperti lantai beton atau keramik. Selain itu, pisau atau golok harus tajam, bersih, dan tidak berkarat.

Tempat pemotongan juga harus menyediakan tali untuk merobohkan hewan kurban dan pengasah pisau atau kristal. Balok kayu juga harus ada untuk merebahkan sapi ketika proses pengulitan.

Penggantung untuk pengulitan kambing atau domba juga harus disediakan saat proses menguliti.

Tersedia juga lubang untuk menampung darah, serta air bersih untuk mencuci peralatan dan membersihkan jeroan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS