Sukses

Piala Dunia 2018: Euforia Rakyat Rusia Rayakan Kemenangan Rusia atas Spanyol

Rasakan bagaimana euforia rakyat Rusia di stadion, alun-alun, dan jalan raya merayakan kemenangan tim atas Spanyol.

 

Liputan6.com, Rusia Puluhan ribu warga Rusia di ibu kota Moskow saling berdesakan saat menyaksikan pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 antara Tim Nasional Rusia versus Spanyol pada 1 Juli 2018. Pada siaran langsung pertandingan tampak lautan rakyat Rusia memenuhi alun-alun hingga jalan raya.

Mereka ikut menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 melalui layar besar yang tersebar di beberapa titik. Pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Rusia 4-3 atas Timnas Spanyol lewat drama adu penalti itu sempat membuat rakyat Rusia tak percaya. Hingga keterkejutan berbuah menjadi sorakan meriah.

Melansir laman TVNZ, Senin (2/7/2018), seorang pria Rusia dengan wajah yang dicat saling berpelukan erat dengan temannya. Keduanya menangis karena tidak percaya tim kesayangan mereka menang. Sementara yang lain berteriak, "Russya" dan "Igor, Igor Akinfeev" (penjaga gawang Timnas Rusia).

Di alun-alun pusat Kota Moskow, orkestra jalanan bergemuruh membawakan lagu kebangsaan Rusia. Klakson mobil berbunyi keras. Warga yang tadinya berada di dalam kafe atau bar terdekat ramai ke luar ke jalan dan melambai-lambaikan bendera Rusia.

"Ini merupakan kemenangan besar bagi kami, seluruh negeri, jiwa negeri ini. Jujur, sebelum pertandingan, aku berharap kecil kemungkinan mereka bisa menang dari Spanyol. Tapi sekarang, saatnya merayakan kemenangan Timnas Rusia, kata Mikhail Sitner (34) dari Moskow.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesta musik dan dansa

Perayakan kemenangan pun berlangsung. Pesta musik dan dansa terjadi di area stadion.

Menilik kemenangan Rusia atas Spanyol, sebenarnya banyak orang Rusia merasa tidak yakin tentang peluang tim dapat bertahan, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Adanya kemenangan ini membuktikan hasil kerja keras sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018.

3 dari 3 halaman

Kehilangan kata-kata

Sergei Grachev (54), seorang dokter Rusia yang tinggal di East Dulwich, London selatan, selama 15 tahun ikut menyaksikan pertandingan Rusia versus Spanyol secara langsung. Ia mengenakan kemeja Inggris dan bendera Rusia yang menutupi bahunya.

"Itu luar biasa. Aku sampai kehilangan kata-kata. Aku pikir Rusia sedikit takut dengan Spanyol. Aku terkejut, aku pikir Spanyol akan lebih menarik bila menang," Sergei menambahkan.

Dokter itu pun menyimpan video drama adu penalti pada ponselnya. Ia masih tidak percaya, Rusia menang.

"Ini sebuah prestasi yang mengejutkan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.