Sukses

Kenali Virus Nipah yang Membunuh 9 Orang di India

Liputan6.com, Jakarta Tiga orang di India dilaporkan meninggal dunia karena sebuah virus langka yang dikenal dengan nama nipah. Dilaporkan BBC, kematian ini terjadi di Kerala, wilayah India Selatan.

Melansir Live Science pada Selasa (22/5/2018), infeksi virus nipah adalah penyakit yang pertama diidentifikasi pada 1999. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), wabah itu terjadi di antara peternak babi di Malaysia dan Singapura.

Virus ini diduga menginfeksi kelelawar buah dari genus Pteropus. Namun, nipah dapat menginfeksi babi serta hewan peliharaan lainnya, hingga manusia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus ini menyebar dari satu orang ke yang lainnya.

Virus ini dapat menyebabkan peradangan otak yang dikenal sebagai ensefalitis. Gejalanya berupa demam, sakit kepala, mengantuk, disorientasi, dan kebingungan.

Mereka yang terinfeksi bisa terkena koma dalam durasi 48 jam setelah menunjukkan gejala-gejala di atas.

Menurut WHO, virus ini memiliki tingkat kematian rata-rata hingga 75 persen.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontak dengan Kelelawar

Infeksi virus nipah di India dan Bangladesh kerap dikaitkan dengan kebiasaan memakan getah kurma mentah yang terkontaminasi oleh kelelawar buah, serta kontak dengan kelelawar.

Belum ada obat untuk mengobati penyakit tersebut dan tidak ada vaksin untuk mencegahnya.

"Kami sekarang berkonsentrasi pada tindakan mencegah penyebaran penyakit semenjak perawatan dan terbatas pada perawatan suportif," ujar Rajeev Sadanandan, Sekretaris Kesehatan Kerala pada BBC.

Dilaporkan BBC, selain tiga kematian di atas, saat ini diduga ada enam kematian lain akibat terjangkit virus tersebut.

Sebanyak 25 orang dengan gejala infeksi virus tersebut telah dirawat di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.