Sukses

5 Jurus Ampuh Mengusir Perasaan Cemas

Sering merasakan cemas itu wajar. Namun jangan sampai hal itu terasa berlebihan. Beberapa cara ini buat Anda mampu mengendalikan pikiran dari perasaan cemas.

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemas atau gugup bisa muncul kapan saja. Walaupun tak diinginkan, perasaan tersebut membuat kita stres dan mudah marah.

Keseharian yang membuat kita sulit bersantai, membuat jantung terus terpacu. Terkadang, liburan pun tidak bisa mengatasinya.

Dilansir dari Step to Health pada Jumat (13/4/2018), penting untuk tahu mengendalikan kecemasan saat menghadapi situasi apa pun.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cemas.

1. Kenali penyebabnya

Mungkin saja penyebab Anda gugup adalah ketika atasan meminta melakukan tugas-tugas tertentu atau karena lalu lintas yang semakin kacau.

Ketika penyebab cemas sudah diketahui, lebih mudah untuk mengendalikan perasaan tersebut.

Jika permasalahannya adalah pada tugas yang banyak, diskusikan hal itu dengan pimpinan disertai dengan solusinya.

Namun, apabila ini diakibatkan lalu lintas, cobalah lewati jalur lain atau berangkat lebih awal.

2. Bernapaslah

Teknik yang baik untuk mengendalikan kecemasan adalah dengan menyadari bahwa diri Anda bernapas.

Dengan teknik ini, Anda bisa mengontrol bagaimana udara masuk dan keluar dari paru-paru. Ketika kita tertekan, pernapasan menjadi dangkal, tersendat dan sulit.

Tutuplah mata dan bernapas dalam-dalam beberapa kali. Hal ini untuk memberitahu otak bahwa semuanya berjalan baik dan tidak perlu dikhawatirkan.

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Singkirkan tekanan dalam diri sendiri

Terkadang kecemasan muncul ketika kita meminta terlalu banyak hal dari diri sendiri. Kesempurnaan dalam pekerjaan membuat tubuh merasa tidak tenang dan sulit menerima kegagalan.

Untuk itu, lebih baik menerima bahwa terkadang hal-hal dalam hidup tidak seperti yang kita harapkan.

Lebih baik, tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang salah dan bisa diubah untuk membuatnya lebih baik.

4. Jangan khawatir tentang hal yang sulit dikendalikan

Ada pepatah Arab mengatakan: 'Jika setiap masalah ada solusinya, mengapa Anda khawatir? Namun jika masalah tidak memiliki solusi, mengapa Anda masih khawatir?'

Ada banyak hal yang tidak bisa dikendalikan. Kondisi inilah yang terkadang membuat kita cemas. Yang paling penting adalah, bagaimana kita belajar menghadapi mereka sebaik mungkin.

 

3 dari 3 halaman

5. Lakukan Kontak dengan Alam

Duduklah di taman, berkemah, dengarkan suara burung, atau berjalan di pinggir pantai. Semua kegiatan tersebut sangat direkomendasikan untuk mengendalikan rasa cemas.

Kontak dengan alam memiliki efek luar biasa yang sulit dijelaskan. Ini mungkin karena kita merasa kembali ke suasana yang murni, karena saat itu kita bertemu dengan ibu pertiwi.

Luangkan waktu saat libur atau akhir pekan untuk menikmati keindahan dari Yang Maha Kuasa, serta mencoba melatih mengendalikan kecemasan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.