Sukses

5 Kebiasaan Hidup Sehat ala Orang Jepang yang Patut Ditiru

Harapan hidup di Jepang, sekitar 92 tahun, tetapi banyak dari mereka hidup lebih lama dari ini.

Liputan6.com, Jakarta Jepang telah lama menjadi sorotan dunia berkat gaya hidupnya yang sehat. Di negeri Sakura ini, (lebih tepatnya di Pulau Okinawa) ada beberapa wanita tertua di dunia. Tingkat obesitas yang banyak terjadi di negara-negara maju, bahkan tidak sampai seperdelapan penduduknya sehingga penyakit kardiovaskular jarang terjadi.

Harapan hidup di Jepang, sekitar 92 tahun, tetapi banyak dari mereka hidup lebih lama dari ini. Dan yang terbaik adalah mereka hidup sehat. Meskipun salah satu alasannya adalah genetik, tahukah Anda bahwa rata-rata orang di Jepang pergi ke dokter sebulan sekali?

Seperti dilansir Step to Health, Minggu (1/4/2018), hal ini tidak berarti bahwa mereka hipokondria (takut akan penyakit), melainkan lebih pada upaya mereka melakukan pencegahan penyakit.

Tentu, selain menjaga kebersihan yang utama, kebanyakan orang Jepang melakoni gaya hidup seperti berikut: 

 

Saksikan juga video berikut ini?

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjalan

1. Sering mengonsumsi sayur dan buah (lokal)

Selain buah, sayuran, dan sereal, orang Jepang sangat suka mengonsumsi ikan. Makan siang saja sangat bernutrisi dan rendah kalori: tumis sayuran dengan tahu, ubi jalar, dan kecap.

Mereka juga tidak mengonsumsi begitu banyak produk susu. Mereka juga menambahkan beras merah ke banyak hidangan dan beberapa rumput laut untuk rasa ekstra.

Dan tak ketinggalan, orang Jepang minum secangkir teh antara pagi dan malam. Teh ini kaya antioksidan dan baik untuk sistem pencernaan.

2. Berjalan

Karena kota yang didesain rapi, dan biaya kendaraan yang mahal, banyak orang Jepang cenderung berjalan atau bersepeda ke suatu tempat.

3 dari 3 halaman

Menikmati udara segar

3. Menikmati udara segar

Anda akan selalu melihat orang Jepang merawat tanaman dan bunga mereka. Kebun mereka mungkin kecil, tetapi tumbuhan itu dirawat dengan baik.

Ini wajar karena mereka senang menghabiskan waktu di udara segar, mungkin karena rumah mereka kecil, atau mungkin karena mereka bisa mendapatkan vitamin D dan menyerap kalsium.

4. Menghabiskan banyak waktu bersama keluarga

Di antara semua kebiasaan untuk hidup lebih lama, hal yang paling penting bagi mereka adalah menjaga hubungan dengan keluarga. Ketika seseorang semakin tua, anak sulung mereka bertanggung jawab atas kepedulian mereka.

Kakek-nenek juga menghabiskan banyak waktu dengan cucu-cucu, karena orangtua dianggap sebagai sumber pengetahuan dan pengalaman yang hebat.

5. Tidak hidup serba instan

Percayalah, mereka juga meluangkan waktu untuk meditasi atau berlatih teknik relaksasi seperti Tai Chi.

Adalah normal untuk melihat orang-orang di tempat umum melakukan beberapa gaya yang ritmis atau santai. Ini membuat mereka melupakan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.