Sukses

Hindari Memanaskan Sup Berkali-kali, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Demi menghemat makanan atau agar makanan habis, adakalanya Anda mungkin memanaskannya berkali-kali. Seperti misalnya sup. Ketika sup tidak habis dimakan biasanya sup disimpan di kulkas, lalu dipanaskan saat hendak makan.

Tindakan memanaskan sup berkali-kali ternyata tidak baik. Hal ini berkaitan dengan kandungan gizi dari buah dan sayur dalam sup.

"Sup yang dipanaskan berkali-kali akan membuat kandungan serat dan vitamin hancur. Jangankan sup, bayam saja kurang baik juga dipanaskan berkali-kali," jelas Konsultan Gastrohepatologi Anak, Frieda Handayani Kawanto dalam acara "Konferensi Pers Penutupan Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat Anak 2017" di Bunga Rampai Restaurant, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Frieda juga mengungkapkan untuk memerhatikan jenis buah dan sayur, yang dijadikan olahan sup. Ada beberapa makanan yang lebih baik dipanaskan dan ada pula yang makanan yang lebih baik dimakan mentah.

Misal, tomat tak hanya baik dimakan mentah. Tomat pun sangat baik dipanaskan atau direbus dalam air mendidih selama 2 menit. Ini membuat likopen pada tomat makin berkhasiat. Likopen melindungi dan memperbaiki kerusakan tubuh.

 

 

Saksikan juga video berikut: 

 

 

2 dari 2 halaman

Pintar olah makanan

Meski tomat pada sup baik untuk dipanaskan, kandungan vitamin C pada tomat akan berkurang.

"Ini memang sudah rumusnya. Kalau tomat dipanaskan, kandungan vitamin C-nya menurun. Maka, harus pintar memilih (dan mengolah) makanan. Kalau ingin dapat vitamin C dari tomat. Cukup bersihkan tomat, rebus 1 menit agar vitamin C tidak terurai," lanjut Frieda.

Di sisi lain, bila Anda ingin makan brokoli, sebaiknya dipanaskan atau direbus dalam air mendidih 1-2 menit. Ini dilakukan agar serat yang terkandung pada brokoli masih utuh.