Sukses

Pasien Gangguan Tidur Familiar dengan Masker Setya Novanto

Masker yang digunakan Setya Novanto biasa dipakai oleh orang-orang yang mengalami gangguan tidur (sleep apnea)

Liputan6.com, Jakarta Pakar kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja RPSGT tahu betul bahwa masker yang digunakan oleh Setya Novanto dalam foto yang akhir-akhir ini beredar luas adalah CPAP. CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) biasa digunakan untuk membantu orang-orang dengan masalah sleep apnea.

"Cuma kan tidak terlihat mesinnya. Ketutupan badan perempuan yang di sebelahnya, kali," kata Andreas dari Snoring & Sleep Disorder Clinic Pondok Indah saat dihubungi Health Liputan6.com pada Kamis, 28 September 2017.

Sleep apnea atau berhenti napas saat tidur memiliki hubungan yang erat dengan penyakit jantung, yang kabarnya juga tengah menimpa Setya Novanto.

"Sleep apnea itu menyebabkan hipertensi, diabetes, stroke, jantung, depresi, bahkan kematian," ujar Andreas.

Gangguan tidur ini, lanjut Andreas, ditandai dengan kebiasaan orang yang mendengkur. "Makanya, jangan remehkan mendengkur. Dan seharusnya, orang yang tidurnya mendengkur tidak diizinkan mengendarai mobil seorang diri," kata Andreas.

Terkait dengan masker yang digunakan Setya Novanto, Andres berujar bahwa pasien-pasien dengan gangguan sleep apnea tahu, masker tersebut adalah CPAP.

"Saya terima mention dari pasien yang memang mengetahui bahwa itu CPAP. Jangankan dokter, orang awam saja sudah tahu itu masker buat apa gunanya," kata Andreas menekankan. 

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.