Sukses

Ini Keuntungan Punya Tinggi Badan Kurang dari 155 Cm

Semakin tinggi badan seseorang, risiko penyumbatan darah meningkat yang kemudian meningkatkan serangan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia bagi Anda wanita yang memiliki tinggi badan tidak menjulang alias pendek. Studi menyebutkan, wanita pendek cenderung berisiko rendah mengalami penyumbatan darah. Risiko terkena serangan jantung pun lebih rendah.

Wanita dengan tinggi badan kurang dari 155 cm, sebanyak 65 persen cenderung lebih rendah mengalami penyumbatan darah dibandingkan yang 180 cm ke atas. Hal yang sama juga terjadi pada pria, tapi dengan ketentuan tinggi berbeda.

Disebutkan dalam Circulation: Cardiovascular Genetics Report, pria dengan tinggi 162 cm cenderung 69 persen tidak mengembangkan penyumbatan darah dibandingkan 182 cm ke atas.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Faktor penyebab

Peneliti utama dari Lund University Swedia, Bengt Zoller, menduga ada dua faktor keterkaitan antara tinggi badan dan penyumbatan darah.

"Bisa jadi karena individu tinggi memiliki pembuluh darah di kaki lebih panjang. Pada area ini sering terjadi penyumbatan darah," katanya mengutip Daily Mail, Rabu (6/9/2017).

"Bisa juga gara-gara tekanan gravitasi yang lebih berat pada pembuluh darah di kaki orang tinggi. Kondisi ini meningkatkan aliran darah melambat atau berhenti sementara," kata Zoller lagi.

Penyumbatan darah merupakan penyebab terbesar ketiga akan serangan jantung dan stroke. Biasanya penyumbtatan darah sering terjadi pada orang-orang yang tidak aktif selama beberapa jam. Misalnya, saat melewati penerbangan ajuh atau berbaring di ranajang rumah sakit. Wanita hamil juga berisiko tinggi alami penyumbatan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini