Sukses

Kenali Aneka Makanan Sedap Berbungkus Daun Pisang

Aneka makanan yang dibungkus daun pisang memiliki aroma khas dan rasanya makin nikmat. Berikut delapan diantaranya.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran plastik, kertas nasi, atau alumunium foil tidak bisa menyingkirkan daun pisang sebagai pembungkus makanan. Daun ini tetap dipilih sebagai pembungkus makanan karena mampu membuat makanan jadi lezat.

Makanan makin lezat ketika dibungkus daun pisang karena ada lapisan seperti lilin. Apalagi jika makanan panas diletakkan di atas daun pisang, lapisan tersebut bereaksi sehingga menyebabkan makanan terasa lebih lezat seperti mengutip India Times, Rabu (14/6/2017).

Apa saja makanan yang biasanya berbungkus daun pisang? Berikut beberapa makanan yang jadi begitu lezat dibungkus daun pisang.

1. Lontong

Lontong zaman sekarang ada yang dibungkus plastik agar tampilannya jadi putih bersih. Namun lontong yang dibungkus daun pisang terasa lebih nikmat dibanding berbungkus plastik. Ada aroma khas yang membuat lontong ini terasa lebih nikmat.

2. Garang asem

Garang asem merupakan salah satu makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Perpaduan antara daging ayam, belimbing wuluh, cabai rawit, serta santan yang dibungkus daun pisang membuat orang yang makan tak bisa berhenti. Apalagi rasanya yang asam manis dan gurih membuat banyak orang suka makanan ini.

3. Lemper

Aneh pasti bila makan lemper yang tidak dibungkus daun pisang. Nikmatnya ketan putih isi daging atau abon jadi makin lezat bila dibungkus daun pisang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Carang Gesing

4. Pecel

Memang sudah ada pembungkus styrofoam atau kertas nasi, tapi pembungkus pecel lazimnya adalah daun pisang.

5. Pepes

Pepes tahu, ayam, jamur, teri makin nikmat bila ditemani nasi putih hangat. Aroma bahan serta bumbu pepes yang dibungkus daun pisang, bikin kita makin lahap menyantap makanan.

6. Bothok

Bagi Anda yang tinggal di area Jawa Tengah, Jawa Timur, atau Yogyakarta pasti tahu benar apa itu bothok. Campuran parutan kelapa ditambah teri, petai cina, cabai, garam ini dibungkus daun pisang lalu dikukus. Banyak orang mengaku, jadi banyak makan dengan lauk bothok.

7. Aneka kue

Kue-kue yang dibungkus daun pisang memang memiliki aroma khas dan lebih harum. Carang gesing, nagasari, lemet, kue jongkong adalah empat kue lezat berbungkus daun pisang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini