Sukses

Basmi Komedo dengan 3 Ramuan Rumahan

Komedo paling banyak ditemukan di bagian wajah khususnya hidung dan dagu.

Liputan6.com, Jakarta Komedo berhubungan erat dengan jerawat yang tak hanya dialami wanita tapi juga pria. Komedo paling banyak ditemukan di bagian wajah khususnya hidung dan dagu.

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah minyak berlebih pada kulit yang membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat. Warna hitam pada komedo disebabkan oleh oksidasi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Memang ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo seperti memakai strip pengangkat komedo serta stik yang digunakan dengan bantuan tangan. Namun biasanya, cara untuk mengangkat komedo cukup menyakitkan.

Sebenarnya, ada beberapa tips mudah untuk mengangkat komedo tanpa rasa sakit seperti dilansir laman Boldsky, Minggu (4/9/2016).

1. Gelatin

Sifat lengket gelatin yang biasanya dipakai untuk membuat kue bisa mengangkat komedo dari kulit Anda. Gelatin tentu saja tidak menimbulkan rasa sakit pada kulit dan aman untuk digunakan.

Campur sedikit bubuk gelatin dengan air dan segera terapkan di daerah yang memiliki komedo.

Kelupas gelatin yang telah mengering di wajah Anda. Setelah itu, kompres dengan air es. Dalam sekejap, Anda akan mendapatkan kulit yang bersinar.

2. Scrub pasta gigi

Ambil pasta gigi dengan rasa mint dan campurkan garam untuk membuat scrub. Sifat pada garam akan memastikan komedo di kulit terangkat setelah digunakan.

Selain itu, mint bertindak sebagai pendingin setelah komedo terangkat, sehingga Anda tidak merasakan sakit. Lakukan ini secara rutin seminggu sekali.

3. Putih telur

Ambil bagian putih telur dan kocok hingga berbusa Gunakan kuas untuk mengoleskannya ke permukaan kulit yang berkomedo. Kemudian, letakkan kertas tisu di atasnya dan oleskan kembali dengan putih telur.

Cara kerjanya mirip dengan strip atau stiker pengangkat komedo. Setelah agak kering, cabut tisu yang sudah dibasahi putih telur tadi. Lakukan cara ini satu kali dalam seminggu.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini