Sukses

5 Cara Ini Bantu Atasi Sakit Gigi Seketika

Liputan6.com, Jakarta Saat sakit gigi, bukan hanya rongga mulut yang terasa nyeri tapi juga memicu sakit kepala dan emosi berlebihan. 

Sebenarnya alasan utama sakit gigi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga. Akibat sisa makanan yang menumpuk, perlahan-lahan menimbulkan bakteri yang membuat pembusukan pada permukaan gigi Anda.

Sebelum Anda memeriksakan gigi ke dokter, ada beberapa tips untuk mengatasi rasa sakit gigi dengan cepat, seperti dikutip Indiatimes, Minggu (17/7/2016), berikut ini:

1. Garam dan lada

Garam dicampur dengan lada adalah obat ampuh untuk sakit gigi ekstrem. Keduanya memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan analgesik. 

2. Cengkeh 

Cengkeh juga memiliki anti-inflamasi, sifat antibakteri dan bahkan anestesi yang dapat membantu mengatasi sakit gigi ekstrem dan melawan infeksi. Oleskan saja bola kapas dalam minyak cengkeh dan gosokkan langsung pada gigi yang berlubang. Atau, Anda dapat mencampur beberapa tetes minyak cengkeh dalam setengah gelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

3. Air garam hangat

Segelas air garam hangat adalah cara paling mudah dan tercepat untuk meringankan rasa sakit gigi. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan dan juga melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

4. Hindari suhu ekstrem

Sikat gigi Anda dengan air hangat dan jauhkan diri dari suhu ekstrem. Rongga dapat membuat gigi Anda sangat sensitif, sehingga hindari es krim, kopi panas dan minuman lain yang dapat menyebabkan gigi lebih sakit.

5. Ambil obat batuk

Ya, obat batuk biasanya mengandung sejumlah kecil anestesi (mentol dan kadang-kadang benzocaine) yang dapat membantu meringankan sakit gigi.

6. Gunakan balsam dan sejenisnya

Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam mulut Anda, tetapi menerapkannya di luar pipi Anda---tempat gigi Anda sakit. Kemudian berbaring di satu sisi. Trik ini dapat memberikan bantuan cepat dan sementara.

Dua Petani Tewas Tertabrak di Tepi Sawah

Tutup Video
Loading