Sukses

Waspada, Kurang Vitamin D Bikin Tubuh Lemah

Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Tulsa menemukan manfaat tersembunyi dari vitamin D

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Tulsa menemukan manfaat tersembunyi dari vitamin D. Menurut mereka, vitamin D sangat berperan bagi kekuatan dan perfoma atletik.

Seperti diberitakan Menshealth, Rabu (29/6/2016), studi ini melibatkan 100 atlet yang diuji berdasarkan berapa tinggi dan jauh mereka melompat. Dan berapa banyak berat badan yang hilang dalam sekali latihan.

Hasilnya, sekitar satu dari tiga atlet yang memiliki vitamin D yang cukup (kurang dari 72 nanomoles per liter darah), 77 persen di antaranya memiliki kemampuan yang baik.

Penulis studi Rachel Hildebrand, Ph.D, Rachel Hildebrand mengatakan, vitamin D dapat membantu sel-sel otot akan melepaskan kalsium lebih efisien selama proses kontraksi otot.

"Ini artinya, dengan vitamin D yang cukup, Anda bisa melompat lebih tinggi, berlari lebih cepat dan mampu mengangkat beban berat," katanya.

Asisten profesor ilmu olahraga di Lehman College, Brad Schoenfeld, Ph.D. menilai penelitian ini sangat skeptis. Menurutnya, hubungan antara vitamin D dan kekuatan tubuh manusia sangat sedikit dan tidak selalu membuktikan sebab dan akibat. 

Bagaimapaun, kata dia, akan lebih bijaksana bila kita mendapatkan lebih banyak vitamin. Sebab dalam salah satu studi 2010 menemukan, 42 persen orang dewasa kekurangan vitamin D.

The Endocrine Society merekomendasikan konsumsi 1.500 hingga 2.000 IU vitamin D sehari. Vitamin D bisa didapat dari ikan berlemak dan susu yang berisi sekitar 100 IU per cangkir.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.