Sukses

[Seri Rokok] Bahaya Asap Rokok yang Menempel di Ruangan

Liputan6.com, Jakarta - Bahaya rokok bukan sekadar memicu penyakit bagi perokok itu sendiri dan orang di sekitarnya. Lebih dari itu, asap yang keluar dari lintingan tembakau itu dapat menempel pada semua perabotan rumah tangga seperti karpet, sofa, gorden dan sebagainya.

"Sisa racun rokok yang menempel di ruangan sama bahayanya dengan orang yang merokok. Zat berbahaya itu mengendap di semua perabot," kata Penasehat Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, dr. Kartono Muhammad saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (2/6/2016).

Parahnya lagi, kata dia, racun rokok yang menempel tersebut tidak bisa hilang meski telah dicuci dengan sabun atau deterjen. "Bersihin nggak gampang, residu asap yang menempel di barang-barang itu mengandung asam yang tidak bisa dibersihkan dengan alkalis (pembersih perabot rumah). Butuh bertahun-tahun untuk membersihkannya."

"Hanya butuh sekali bagi perokok untuk mencemari perabotan rumah. Sisanya, bila menempel di karpet dan dihirup atau dipegang anak, racunnya masuk. Soal penyakit atau tidak, itu faktor lain. Makanya sebelum anak masuk, pastikan ruangan bersih dari asap rokok," katanya.

Kartono menambahkan, untuk mencegah penyakit akibat rokok, hindari asap rokok di rumah dan bila ada yang merokok, segera memeriksakan diri ke dokter dan mengetes darah atau ludah anak, apakah mengandung nikotin atau tidak.

Loading