Sukses

Pelajari Teknik Pernapasan Perut untuk Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta Merelaksasikan diri sejenak di tengah aktivitas dapat dilakukan secara mudah hanya dengan menarik napas.

Mengutip laman Pyschcentral, ditulis Jumat (08/4/2016), menarik napas khususnya menggunakan pernapasan perut bermanfaat untuk menciptakan rasa relaks, bahkan dapat membantu mencegah infeksi paru-paru dan jaringan di sekitar paru-paru.

Pernapasan perut ini bukanlah asal menarik napas saja, namun ada beberapa teknik yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Pernapasan perut perlu dilakukan sebanyak dua kali setiap hari, atau Anda dapat melakukannya saat mengalami rasa pegal pada bagian tubuh tertentu.

Lakukan langkah berikut:

- Tempatkan satu tangan di dada dan satu tangan di perut. Pastikan tangan di dada mundur ke belakang dan telapak tangan di perut maju ke depan saat menarik nafas.

- Setelah menghembuskan napas melalui mulut, ambil napas dalam secara perlahan melalui hidung dan tahan selama tujuh hitungan.

- Hitungan ke delapan buang napas melalui mulut dengan perlahan. Udara yang dilepaskan akan memberikan relaksasi dan kontraksi otot secara lembut.

- Ulangi sebanyak empat kali hingga lima kali.

Tingkatkan setiap hitungan satu napas setiap 10 detik guna memberikan tingkat variabilitas detak jantung yang berefek positif untuk kesehatan jantung Anda.