Sukses

Perbanyak Protein Bila Ingin Kurus

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan makan orang Indonesia masih terbilang buruk. Karbohidrat berupa nasi yang diperbanyak, ketimbang sumber makanan lainnya. Bahkan, protein yang merupakan sumber penting untuk mempertahankan berat badan ideal pun sangatlah sedikit dimasukkan ke dalam sepiring makanan yang disantap.

Fitness Expert, Ade Rai menjelaskan, protein diperlukan oleh tubuh guna membangun jaringan-jaringan di tubuh. Dimulai dari jaringan rambut, kulit, kuku, jantung, hingga otot.

"Selain itu, protein berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh (imunitas) dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon dalam tubuh," kata Ade Rai dalam buku berjudul Bakar Lemak Tanpa Lapar Tanpa Lemas dikutip Health Liputan6.com pada Jumat (3/7/2015)

Protein, lanjut Ade Rai, adalah sumber energi yang dipecah menjadi asam amino di dalam tubuh. Protein terbagi 2, hewani dan nabati. Menurutnya, sumber protein hewani adalah telur, daging, ikan, tempe, tahu, dan susu. Sedangkan sumber hewani nabati adalah kacang-kacangan di mana kacang kedelai memiliki kandungan protein paling tinggi di antara sumber nabati lainnya.