Sukses

Makan Sebelum Jam 8 Malam, Apa Pentingnya?

Mulai dari mendapatkan kenyamanan tidur hingga hindari kegemukan.

Liputan6.com, New Delhi- Gaya hidup modern telah mengubah secara signifikan pola hidup manusia kota. Termasuk kebiasaan jam makan malam yang makin larut. Hal ini, ternyata berdampak besar pada kesehatan tubuh.

Di daerah pedesaan bisa jadi hal ini tidak terjadi. Masyarakat pedesaan cenderung makan sebelum larut malam dan tidur cepat. Untuk masyarakat yang tinggal di kota, apakah mungkin makan sekitar pukul enam atau delapan malam? Pada jam tersebut masih banyak yang berada di kantor maupun dalam perjalanan pulang. 
 
Namun, ada baiknya jangan sampai larut malam untuk makan malam, ada empat alasan makan sebelum pukul 20.00 yang dilansir dari Boldsky, Rabu (31/12/2014).
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3-4

1. Menghindari asam lambung naik
Usai makan berat langsung merebahkan diri untuk tidur pasti tidak nyaman, selain itu hal ini juga bisa memicu asam lambung naik. Tak berhenti disitu, hal ini akan mengakibatkan acid refluks yang menimbulkan rasa sakit di ulu hati . Jadi lebih baik makan beberapa jam sebelum tidur atau sebelum pukul delapan malam.
 
2. Tidur lebih nyaman
Saat kondisi perut penuh dengan makan malam biasanya tidak bisa langsung tidur. Hal ini disebabkan karena perut memroses terlebih dahulu makanan yang masuk ke perut. Paling tidak beri jeda satu jam antara waktu makan malam dan tidur.
3 dari 3 halaman

3. Hindari kegemukan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan larut malam terkait erat dengan obesitas. Hal ini diperkirakan karena minimnya aktivitas fisik usai makan malam. Lalu metabolisme tubuh yang melambat karena usai makan langsung tidur. 
 
4. Hindari makan berlebihan
Saat malam makin larut, rasa lapar makin meningkat. Saat dihadapkan dengan aneka makan rasanya ingin memakan banyak makanan yang ada. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda makan sebelum larut malam dimana kondisi perut tak terlalu lapar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini