Sukses

Segera Periksa Payudara Sendiri Bila Usia Sudah 20 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Anda, para gadis, yang telah berusia lebih dari 20 tahun pernahkah melakukan SADARI? Kalau belum cobalah. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nafsiah Mboi menyarankan kepada seluruh perempuan Indonesia sejak usia 20 tahun membiasakan diri memeriksa payudara sendiri (SADARI) untuk mendeteksi adanya kanker payudara sedini mungkin.

Dengan rutin melakukan SADARI perubahan-perubahan pada payudara akan segera diketahui. "Jika menemukan benjolan kecil saja segera lakukan tes untuk mengetahui apakah ganas atau tidak. Jika berpotensi ganas bisa segera dilakukan tindakan," terang Mboi pada acara kampanye deteksi dini kanker payudara 'Jakarta Goes Pink' di Balai Kota DKI Jakarta pada Minggu (12/10/2014).

Jika kanker payudara cepat diketahui sehingga bisa ditolong dan kemungkinan besar untuk sembuh bebas dari kanker. "Jika terlambat mengetahui potensi kematian sangat besar, namun jika diketahui masih pada stadium satu atau dua masih bisa sembuh," ujar perempuan berusia 74 tahun ini.

Tak hanya mengenai presentase kesembuhan yang semakin besar, mengetahui adanya kanker sejak dini membuat biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah sehingga tak begitu memberatkan pasien.

Loading