Sukses

80 Persen Jemaah Haji Asal Surakarta Sudah Pulang

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Derbarkasi Surakarta hingga kedatangan rombongan kloter 77 telah memulangkan sekitar 80 persen haji asal Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Jumlah jemaah haji yang telah dipulangkan ke daerahnya hingga kloter 77 ini, ada sebanyak 27.563 orang atau sekitar 80 persen dari 34.112 orang yang diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini," ujar Kepala Sub Bagian Humas PPIH Derbarkasi Surakarta Afief Mundzir di Asrama Haji Donohudan Boyolali, seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/9/2018).

Ia mengatakan, PPIH Debarkasi Surakarta pada hari ini dijadwalkan memulangkan rombongan haji kloter 76 asal Kabupaten Semarang, kloter 77 (Semarang dan Salatiga), kloter 78 (Salatiga dan Demak), dan kloter 79 (Demak).

Afief memaparkan, dua kloter sudah tiba dan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 01.05 WIB dengan membawa 359 orang. Kemudian disusul kloter 77 pada pukul 03.25 WIB dengan 359 penumpang.

"Kedua kloter itu setelah setiba di Asrama Haji Donohudan langsung dijemput bus dari daerah untuk kembali ke kampung halamannya. Haji kloter 78 dan 79 dijadwalkan akan tiba di Tanah Air, sekitar pukul 22.10 WIB dan 23.35 WIB," kata Afief.

Berdasarkan data yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, jumlah haji asal Debarkasi Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci 60 orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Ada Jemaah Sakit

Afief menyebut, masih ada tujuh jemaah haji yang dirawat di rumah sakit, sehingga tertunda kepulangannya ke Tanah Air.

Selain itu, kata dia, ada lima orang yang setibanya di Tanah Air sakit, kemudian dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Umum Dr Moewardi Solo.

"Haji yang masih dirawat di RS Arab Saudi akan dipulangkan ke Tanah Air, jika sudah mendapatkan rekomendasi dari tim dokter yang merawat," jelas Afief.

Dia menjelaskan, jemaah yang masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi, jika pemulangan penyelenggaraan ibadah haji sudah selesai, mereka akan kembali dengan pesawat terbang reguler ke Tanah Air.

Artikel Selanjutnya
Ratusan Jemaah Haji Asal Sulut Dijadwalkan Kembali 24 September 2018
Artikel Selanjutnya
Kisah Parit Panjang Penjaga Madinah yang Dibangun Rasulullah