Sukses

8.495 Orang Jemaah Haji Asal Batam Sudah Dipulangkan

Liputan6.com, Jakarta - Debarkasi Hang Nadim, Batam, hingga Selasa, 18 September 2018 sudah memulangkan 8.495 orang jemaah haji. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 19 dari Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

Kepala Subbidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim, Syahbudi, mengatakan, seluruh jemaah haji kloter 19 yang tiba pada Senin, 17 September 2018 malam sudah dipulangkan ke daerah masing-masing menggunakan kapal dan bus.

"Total jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Air sampai hari ini berjumlah 8.495 orang. Kloter 19 tiba kemarin malam pukul 21.50 WIB," ujar Syahbudi, seperti dilansir Antara, Rabu (19/9/2018).

Menurutnya, dua orang jemaah haji kloter 19 yang terpaksa menunda kepulangan, yaitu Nurhaida Pakih Batuah asal Karimun karena sakit dan dirawat di sana. Serta Dahniar Ece Yusuf asal Batam yang menunda keberangkatan.

"Kemudian tiga orang jemaah kloter 19 yang pulang terlebih dulu bersama kloter awal, yaitu Apri Sujadi dan Deby Maryanti Zamri asal Bintan yang pulang bersama kloter 2. Serta Kartini Suntari Abdullah asal Meranti, Riau yang pulang bersama kloter 17," papar Syahbudi.

Adapun, kata dia, empat jemaah mutasi ke kloter 19, yaitu Syamsiah Karim Usman dan Sultan Jabir Sagga asal Kota Batam dari kloter 20, serta Hasniah Saman Sudin dan Rosnah Abdul Rahman asal Karimun dari kloter 21.

"Terdapat juga seorang jemaah kloter 19 yang wafat di Arab Saudi, yaitu Muhammad Baharuddin Harun asal Karimun," kata dia.

Sementara itu, pada musim haji 2018, embarkasi Hang Nadim memberangkatkan sekitar 11.000 orang jemaah haji asal Riau, Kepri, Jambi, dan Kalimantan Barat yang diberangkatkan dalam 27 kloter.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
273 Jemaah Haji Tiba dengan Selamat di Kolaka
Artikel Selanjutnya
Ratusan Anggota Jemaah Haji Gorontalo Tiba di Tanah Air