Sukses

Menyusul Suami, Haji Zulbaidah Meninggal Usai Salat di Masjid Nabawi

Liputan6.com, Jakarta - Seorang haji yang tergabung dalam kloter BTJ 09, debarkasi Aceh Selatan, meninggal dunia di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Perempuan bernama Zulbaidah Mak Abad itu tutup usia saat salat sunah di area Raudhah.

"Setelah salat isya, jemaah Indonesia memang mendapat gelombang pertama di Raudhah. Beliau meninggal di area Raudhah," ujar Kepala Sektor (Kasektor) Khusus Nabawi, Jasaruddin, Senin, 17 September 2018.

Raudhah atau Taman Surga sendiri menjadi lokasi yang istimewa bagi umat Islam. Tempat itu terletak di sebelah barat makam Rasulullah.

Dulunya, ruang itu terletak di antara mimbar dengan rumah Nabi. Tempat ini disebut-sebut sebagai lokasi terkabulnya setiap doa.

Menurut Jasaruddin, Zulbaidah meninggal dunia Sabtu malam, 15 September 2018. Berdasarkan penuturan teman yang mengiringi ke Raudhah, Zulbaidah sempat lemas usai takbiratul ihram saat salat sunah di Raudhah.

"Zulbaidah kemudian terbaring. Melihat kondisi Zulbaidah, petugas dan sejumlah jemaah haji memberi pertolongan. Tapi, nyawa Zulbaidah tidak dapat diselamatkan," papar Jasaruddin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Suaminya Sudah Lebih Dulu Wafat

Jasaruddin yang mendengar kabar itu segera menuju ke pintu keluar Raudhah khusus perempuan. Dia bersama Tim Gerak Cepat (TGC) sempat membawa masuk jenazah ke ambulans.

"Subhanallah, almarhumah terlihat putih bersih, muka bercahaya dan tersenyum," ucapnya.

Dia mengatakan, sebelum tiba di Madinah, Zulbaidah kehilangan sang suami. Pria bernama Muhammad Hasan Amin itu meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi karena respiratory diseases pada 3 September 2018.

Dalam data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), pasangan itu beralamat di Jalan Cot Muling Kedai Padang Kluet Utara, Kedai Padang, Kabupaten Aceh Selatan. Di Tanah Air, Hasan bekerja sebagai petani.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

Artikel Selanjutnya
Petugas dan Jemaah Haji Diimbau Tak Bawa Barang Berlebihan
Artikel Selanjutnya
Tangis Haru Keluarga Sambut Ratusan Jemaah Haji Asal Pelalawan