Sukses

Perdagangan Bebas ASEAN-Cina Ditandatangani

Perjanjian perdagangan bebas ASEAN-Cina ini ditandatangani di tengah KTT ASEAN di Vientiane, Laos. Kerja sama ASEAN-Cina ini dianggap pula sebagai awal persaingan ekonomi melawan blok Eropa-Amerika Utara.

Liputan6.com, Vientiane: Pemerintah Cina dan negara-negara anggota Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) menandatangani kesepakatan perdagangan bebas di Vientiane, Laos, Senin (29/11). Kesepakatan ini ditandatangani ditengah-tengah konferensi tingkat tinggi tahunan ASEAN. Kerja sama ASEAN-Cina ini juga dianggap sebagai awal persaingan melawan blok Eropa-Amerika Utara.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, negara-negara ASEAN dan Cina sepakat untuk menghilangkan cukai pada 2007. Kebijakan ini berlaku untuk sebelas sektor perekonomian termasuk kendaraan bermotor, tekstil, serta teknologi informasi dan komunikasi. Kebijakan ini juga menciptakan kawasan perdagangan bebas terbesar di dunia pada 2010 mendatang yang meliputi lebih dari dua miliar penduduk dengan nilai pasar yang diperkirakan mencapai US$ 2,4 triliun.

Kendati kedua pihak menyambut baik kesepakatan tersebut, masih ada perbedaan pandangan mengenai proyek pembangkit listrik tenaga air di wilayah Sungai Mekong, Cina. Para aktivis lingkungan hidup menyatakan, bendungan buatan pemerintahnya itu telah menurunkan ketinggian air di Sungai Mekong. Kondisi ini juga berpotensi memicu unjuk rasa dari Vietnam, daerah yang juga dialiri Sungai Mekong. Menanggapi hal itu, pemerintah Beijing berjanji akan lebih memperhatikan masalah lingkungan hidup bila membangun bendungan di masa mendatang.(OZI/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini