Sukses

Tangani Kecelakaan, Petugas Pemadam Kebakaran Malah Diborgol

Seorang petugas patroli jalan tol menghampiri dan meminta agar truk pemadam kebakaran yang menghalangi jalan dipindahkan.

Malam itu, Selasa 4 Februari pukul 21.00 waktu setempat, Jacob Gregoire dan rekan-rekannya sesama pemadam kebakaran sedang bertugas menangani sebuah kecelakaan mobil di jalan tol California. Sedang genting-gentingnya, sekonyong-konyong petugas patroli jalan tol di Negara Bagian California, Amerika Serikat datang dan lalu memborgolnya.

Apa kesalahan yang ia lakukan?

Seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au, Jumat (7/2/2014), sebelum insiden pemborgolan terjadi, petugas patroli jalan tol meminta truk pemadam kebakaran yang menghalangi jalan, dipindahkan. Permintaan petugas patroli yang tak disebutkan namanya itu sontak ditolak oleh seorang rekan Jacob. Adu mulut pun tak terhindarkan.

Lalu, Jacob menghampiri si petugas patroli, dia menegaskan tak akan memindahkan truk-truk tersebut dan memilih menolong korban kecelakaan. Tak terima dengan penolakan tersebut, si petugas patroli pun langsung memborgolnya.

Dalam sebuah rekaman yang dihimpun oleh CBS, terlihat jelas ekspresi tak percaya dari wajah Jacob. Ia berpendapat, si petugas patroli kelewatan.

"Saya tak menyangka kalian memperlakukan kami seperti ini. Kami hanya mencoba menolong orang," seru Jacob pada saat diborgol seperti dalam rekaman video yang dimuat News.com.au.

Menanggapi kejadian yang menimpa Jacob, Kepala Petugas Pemadam Kebakaran Chula Vista, Dave Hanneman secara terang-terangan membela sang anak buah.

"Saya mendukung Jacob sepenuhnya karena dia telah melakukan semuanya sesuai dengan prosedur. Jacob pun merasa dia telah melakukan hal yang benar," ujar Dave.

Dave menjelaskan, para petugas pemadam kebakaran memang dilatih dan diperbolehkan menggunakan truk-truk mereka untuk memblokade jalan guna melindungi korban kecelakaan dan petugas paramedis yang sedang bekerja.

"Saya mengerti petugas patroli jalan tol California bertugas untuk memastikan kelancaran jalan. Namun, prioritas utama kami adalah keselamatan korban dan para petugas pemadam kebakaran," tegas Dave.

Dave mengatakan dirinya telah bertemu dengan pihak petugas patroli jalan tol California untuk mendiskusikan jalan keluar agar kejadian seperti ini tak terulang.

Pihak patroli jalan tol California dan Dave selaku perwakilan dari pemadam kebakaran Chula Vista menyayangkan kejadian tersebut, dan menuturkan kejadian itu tidak menggambarkan hubungan kerja sama antara kedua badan.

Jacob yang telah bekerja sebagai pemadam kebakaran selama 12 tahun itu akhirnya dibebaskan, tanpa tuntutan apapun setelah ditahan di dalam mobil si petugas patroli selama kurang lebih 30 menit. (Ega/Tnt/Ein)

Baca juga:

Ini Dia Petugas Pemadam Kebakaran Terkecil di London

Cari Dana untuk RS, Para Petugas Damkar Ganteng Foto Topless

Terobsesi Adegan TV dan `Ngetes` Polisi, Bocah Lempar Bayi ke Got

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.