Sukses

PM Australia Kirim Surat Balasan untuk SBY, Isinya?

Perdana Menteri Australia Tony Abbott telah menulis surat balasan untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta penjelasan soal penyadapan intelijen Negeri Kanguru itu. Namun, Abbott tak mau membeberkan isi surat balasan tersebut.

"Surat itu saat ini sedang dalam proses pengiriman. Saya pikir akan salah jika saya mengatakan apa isi surat saya kepada Presiden (SBY) sebelum Presiden menerimanya," kata Tony Abbott di Sydney seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (23/11/2013).

Abbott menekankan komitmen untuk menjalin hubungan yang kuat antara Australia dan Indonesia. "Yang jelas, akan ada hari-hari yang bagus dan akan ada hari-hari yang lebih baik, tapi penekanan saya untuk menjamin bahwa hubungan itu ditingkatkan secara konstan," tutur Abbott.

SBY mengirim surat kepada Tony Abbot. Dia meminta penjelasan pemerintah Australia terkait penyadapan yang dilakukan badan intelijen negara itu pada tahun 2009 silam.

Kasus penyadapan ini juga membuat sebagian masyarakat Indonesia geram. pada Jumat kemarin, sejumlah elemen masyarakat berunjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar Australia. Mereka mendesak Australia meminta maaf. Demonstran bahkan membakar bendera Australia. (Eks/Sss)
Loading