Sukses

[VIDEO] Armadillo Si Mobil Lipat, Bisa Hemat Lahan Parkir

Lahan parkir selalu menjadi masalah bagi masyarakat di kota-kota besar. Sebagai solusi, sejumlah ilmuwan Korea Selatan menciptakan mobil yang bisa dilipat. Kehadiran mobil-mobil ini diharapkan dapat mengirit lahan parkir.

Berkat perkembangan teknologi, tak cuma sepeda yang bisa dilipat. Kini mobil pun bisa dilipat. Si mobil liptat diberi nama Armadillo-T, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (25/8/2013).

Dalam bahasa Indonesia, Armadillo berarti trenggiling. Para pencipta mobil ini terinspirasi dari trenggiling yang bisa melipat tubuhnya apabila ada predator yang mendekat.

Armadillo-T memiliki desain mungil dan hanya mampu menampung 2 orang saja. Dalam keadaan utuh, panjang mobil ini mencapai 2,8 meter. Namun jika sudah dilipat, maka panjangnya menjadi 1,6 meter. Mobil ini hanya bisa melaju maksimal 60 kilometer per jam.

Sebelumnya sebuah mobil lipat juga pernah diciptakan oleh ilmuan Institut Teknologi Massachusetts di Amerika Serikat. Mobil yang diberi nama Hiriko Ev itu tak hanya bisa dilipat.

Keempat ban mobil juga bisa berputar dengan arah yang berbeda sehingga mempermudah pengemudi memarkir mobilnya. Mobil itu diluncurkan 2012 lalu dan dibandrol dengan harga Rp 143 juta. (Ndy/Mut)