Sukses

5 Alasan Tinggal Bersama Hewan Peliharaan Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup

Hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan hewan peliharaan lain memberi banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Hewan peliharaan memiliki dampak yang sangat positif pada kehidupan pemiliknya. Bahkan, berpelukan dengan hewan peliharaan yang lucu dan berbulu dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Simak lima cara hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan Anda, dikutip dari Piedmont, Minggu (12/5/2024)

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Hewan peliharaan anjing sedang menggigit sepatu pemiliknya (Foto.Freepik)

Hewan peliharaan dapat memberikan cinta dan dukungan tanpa syarat, membuat pemiliknya merasa diinginkan dan dibutuhkan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Psychology mengungkapkan bahwa hewan peliharaan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membuat pemiliknya menjadi orang yang lebih ramah secara sosial dan lebih teliti. 

2. Mengurangi Tingkat Stres

Ilustrasi Nenek dengan hewan peliharaan (Sumber: Pexels/Ivan Babydov)

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Buffalo menemukan bahwa dukungan hewan peliharaan dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah Anda pada situasi yang penuh tekanan.

Hewan peliharaan menawarkan cinta tanpa syarat dan menghabiskan waktu bersama mereka dapat mengurangi tingkat kecemasan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Produksi Hormon yang Membuat Perasaan Senang

Penelitian telah menemukan bahwa hanya dengan membelai kucing atau anjing dapat meningkatkan tingkat oksitosin seseorang. Oksitosin adalah hormon yang membuat orang merasa bahagia dan percaya.

Hormon ini juga membantu penyembuhan dan meredakan rasa sakit. Jadi, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan mungkin baik untuk mereka yang menderita sakit fisik atau rasa tidak nyaman.

4. Melawan Gejala Depresi

Liburan akhir tahun dapat dihabiskan bersama dengan hewan peliharaan kesayangan. (Foto: Pexels.com/Dominika Roseclay)

Hewan peliharaan dapat membantu pemiliknya melawan perasaan terisolasi dan sedih. Sebuah studi menemukan bahwa penghuni panti jompo merasa tidak terlalu kesepian setelah menerima kunjungan mingguan selama setengah jam dari anjing.

Hewan peliharaan juga dapat digunakan dalam terapi, membantu meningkatkan perasaan empati, ketenangan, dan penerimaan pada orang yang berjuang melawan depresi.

5. Promosikan Olahraga dan Aktivitas Fisik

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing membuat kita mau tidak mau berolahraga

Hewan peliharaan membutuhkan banyak olahraga, dan mengajak mereka berjalan-jalan dapat memberikan Anda latihan yang Anda butuhkan.

Penelitian dari Michigan State University atau Universitas Negeri Michigan menunjukkan bahwa orang yang memelihara anjing 34% lebih mungkin untuk mendapatkan jumlah olahraga mingguan yang direkomendasikan daripada orang yang memiliki hewan peliharaan jenis lain, atau tidak memiliki hewan peliharaan sama sekali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan Mental dan Perkembangan Anak

Tahukah kamu kalau ada banyak sekali manfaat memelihara hewan. Termasuk manfaat untuk kesehatan fisik, kesehatan mental, bahkan manfaat untuk perkembangan anak.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, ikatan antara manusia dan hewan peliharaan mereka terkait dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti mengatasi masalah tekanan darah, kadar kolesterol, kadar trigliserida, perasaan kesepian, kecemasan, dan gejala PTSD (Post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma

Berikut adalah penjelasan secara rinci mengenai manfaat memelihara hewan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

Melatih Rasa Tanggung Jawab

Manfaat memelihara hewan salah satunya adalah melatih tanggung jawab. Psikologi positif menegaskan bahwa orang membangun harga dirinya dengan mengambil tanggung jawab.

Sebagian besar hewan peliharaan membutuhkan rutinitas makan, pembersihan, dan olahraga. Dengan demikian, ini dapat memberi Anda tujuan dan motivasi yang dapat membantu harga diri, kesejahteraan, dan kesehatan mental Anda.

Meningkatkan Interaksi Sosial

Manfaat memelihara hewan juga dapat meningkatkan interaksi sosial. Anda bisa mendapatkan teman baru hanya dengan mengajak anjing jalan-jalan atau menunggu di dokter hewan.

Memelihara hewan juga memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengan pemilik hewan dengan jenis yang sama di dokter hewan, toko hewan peliharaan, atau kelas pelatihan. Jika Anda takut dengan situasi sosial, atau fobia sosial, hewan peliharaan dapat membantu memperkenalkan Anda secara perlahan kepada orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kebugaran

Jika Anda memiliki seekor anjing, maka Anda harus mengajaknya jalan-jalan secara rutin. dengan kata lain, Anda juga akan ikut berjalan kaki, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Anda juga dapat menggunakan waktu berjalan-jalan dengan anjing Anda untuk meningkatkan kebugaran Anda dan memanfaatkan alam bebas untuk membantu Anda untuk relaksasi.

Manfaat Memelihara Hewan untuk Perkembangan Anak

Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan membantu anak-anak mengembangkan empati yang lebih besar, harga diri yang lebih tinggi, dan peningkatan partisipasi dalam aktivitas sosial dan fisik.

Anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan juga memiliki risiko lebih kecil mengalami alergi dan asma. Selain itu, hewan peliharaan juga membuat anak belajar tentang tanggung jawab, kasih sayang, dan empati.

Anak-anak yang terikat secara emosional dengan anjing mereka lebih mampu membangun hubungan dengan orang lain. Penelitian juga menunjukkan bahwa anjing dapat membantu menenangkan anak-anak yang hiperaktif atau terlalu agresif. Tentu saja, baik anjing maupun anak perlu dilatih untuk berperilaku baik satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.