Sukses

10 Tips Aman Mudik Lebaran Bersama Hewan Peliharaan, Anabul Dijamin Happy

Mudik Lebaran Bersama Hewan Peliharaan, Perhatikan 10 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Liburan atau mudik Lebaran dengan hewan peliharaan seperti kucing bisa bikin stres jika tanpa persiapan matang. Merencanakan perjalanan terlebih dahulu akan memastikan keamanan dan kenyamanan bagi kamu dan hewan peliharaan.

Jika berencana melakukan mudik dan bepergian dengan hewan peliharaan, kamu harus mengambil beberapa tindakan untuk mempersiapkan kebutuhan mereka selama perjalanan.

Perjalanan dengan hewan peliharaan, terutama perjalanan jauh menggunakan mobil, membutuhkan persiapan yang matang karena kamu tidak akan bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk hewan peliharaan selama di perjalanan.

Dilansir dari WebMD pada Sabtu, 6 April 2024, berikut ini 10 Tips keselamatan dan keamanan untuk melakukan mudik bersama hewan peliharaan.

1. Siapkan Perlengkapan Apa Saja yang Dibutuhkan Hewan Peliharaan

Pastikan untuk membawa perlengkapan hewan peliharaan kamu yang diperlukan selama perjalanan dan liburan. Sertakan catatan kesehatan hewan, termasuk imunisasi terakhir.

Siapkan juga bekal makanan, air, obat-obatan, dan peralatan makan yang lengkap. Jangan lupa bawa perlengkapan kebersihan seperti kantong sampah dan serokan.

Sediakan mainan favorit hewan peliharaan untuk menjaga kenyamanannya selama perjalanan. Dan, yang tidak kalah penting, pastikan untuk membawa kotak kesehatan hewan peliharaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Aman Mudik Bersama Hewan Peliharaan

2. Jaga Hewan Peliharaan Tetap Terkendali Selama Mudik

Tentunya tidak aman bagi anabul kesayangan jika mereka melompat-lompat di dalam mobil saat kamu mengemudi. Oleh sebab itu, siapkan tempat yang nyaman dan aman bagi hewan peliharaan kamu, bahkan bisa juga memakaikan mereka sabuk pengaman.

3. Jangan Biarkan Menjulurkan Kepala Keluar Jendela Mobil

Tidak dapat disangkal bahwa hal ini membuat beberapa hewan senang, dan lucu untuk dilihat. Namun, hal ini sangat tidak aman untuk dilakukan karena hewan peliharaan kamu berisiko tertabrak kendaraan lain yang lewat.

Mereka juga bisa terlempar ke luar jendela jika kamu harus menginjak rem atau berbelok secara tiba-tiba.

3 dari 5 halaman

4. Pasang Tanda Pengenal Pada Hewan Peliharaan

Pastikan anjing atau kucing kamu memiliki kalung dengan label identitas yang mencantumkan alamat rumah dan nomor ponsel kamu. Untuk perjalanan dan liburan yang lebih lama, berikan label sementara dengan nomor telepon tempat kamu akan menginap.

Ini untuk berjaga-jaga jika hewan peliharaan kamu tersesat ketika bepergian. Perhatikan juga untuk memilih kalung yang aman untuk mereka, jangan pernah menggunakan kalung yang bisa mencekik hewan peliharaan.

5. Membiasakan Hewan Peliharaan Naik Mobil

Lakukan beberapa perjalanan singkat dengan anjing kamu untuk membiasakannya naik mobil sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Secara bertahap tingkatkan lama perjalanan ini hingga saat perjalanan jarak jauh dengan hewan peliharaan, mereka tidak kaget dengan kondisi saat berada di dalam mobil.

4 dari 5 halaman

6. Siapkan Makanan Ringan

Beri hewan peliharaan kamu makanan ringan tiga hingga empat jam sebelum melakukan perjalanan jauh. Saat dalam perjalanan, selalu sempatkan berhenti di rest area atau menepi untuk memberi makan anjing kamu.

Jangan memberi mereka makan di dalam kendaraan yang sedang melaju, karena ini bisa membuat hewan peliharaan kamu mengalami mabuk selama di perjalanan.

7. Jangan Meninggalkan Hewan Peliharaan di Mobil Sendirian

Jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan kamu sendirian di dalam mobil yang sedang diparkir, apalagi untuk waktu yang lama. Hewan peliharaan kamu akan terjebak di dalam mobil dengan keadaan mesin yang tidak menyala. Hal ini merupakan masalah keamanan pada suhu yang terdapat di dalam mobil dan bisa mengakibatkan hal buruk pada hewan peliharaan.

5 dari 5 halaman

8. Bawa Dokumen Penting Hewan Peliharaan

Bawalah dokumen penting hewan peliharaan kamu. Hal ini sangat diperlukan jika kamu bepergian melintasi perbatasan negara bagian atau internasional. Bawalah sertifikat kesehatan hewan peliharaan kamu, seperti bukti vaksinasi rabies.

9. Siapkan Persediaan Air Minum

Kamu bisa memberikan air minum kamu sendiri atau sediakan air minum dalam kemasan untuk hewan peliharaan kamu. Minum air dari sembarang tempat dan dari sumber yang tidak dikenal dapat menyebabkan mereka sakit perut.

10. Persiapkan Mobil kamu

Persiapkan mobil kamu ketika ingin membawa hewan peliharaan. Pastikan terdapat tempat yang cukup untuk meletakan kotak Hewan Peliharaan kamu atau tempat duduk mereka. Hal ini bisa menambah kenyamanan bagi hewan peliharaan, karena mereka tidak perlu merasa kesempitan di dalam mobil dengan barang-barang kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.