Sukses

7 Negara Termasuk Inggris dan AS Rilis Travel Warning ke Israel, Imbas Potensi Iran Bakal Menyerang

Tujuh negara telah memperingatkan warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Israel, wilayah Palestina yang diduduki dan, dalam beberapa kasus, wilayah yang lebih luas di tengah ancaman serangan Iran -- sebagai tanggapan atas serangan bulan ini terhadap Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Prancis, India, Rusia, Inggris mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan atas ketegangan Israel-Iran. Peringatan datang ketika Teheran menjanjikan pembalasan terhadap Israel atas serangan mematikan pada 1 April terhadap konsulat Iran di Suriah.

Laporan Al Jazeera yang dikutip Sabtu (13/4/2024) menyebut negara-negara termasuk Prancis, India, Rusia, Polandia dan Inggris telah memperingatkan warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Israel, wilayah Palestina yang diduduki dan, dalam beberapa kasus, wilayah yang lebih luas di tengah ancaman serangan Iran -- sebagai tanggapan atas serangan bulan ini terhadap Israel.

Iran mengancam pembalasan terhadap Israel atas serangan di ibu kota Suriah pada tanggal 1 April, yang menewaskan tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam, termasuk dua jenderal, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan meningkatnya kekerasan di Timur Tengah.

Perihal travel warning tersebut, warga Prancis dan pegawai negeri sipil Prancis kini dilarang melakukan misi apa pun di negara dan wilayah yang dimaksud. Lalu pemerintah Inggris mengatakan kepada warganya untuk menghindari semua perjalanan kecuali perjalanan penting ke Israel dan Palestina karena “kemungkinan serangan terhadap wilayah Israel dari Iran”.

Dalam pembaruannya, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris memperingatkan terhadap “semua perjalanan” ke Israel utara, Jalur Gaza, daerah dekat Gaza dan Tepi Barat yang diduduki – kecuali Yerusalem Timur yang diduduki dan Rute 1 antara Yerusalem dan Tel Aviv.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eskalasi Tidak Stabil

Sementara Rusia sangat menyarankan warganya untuk “menahan diri untuk bepergian ke wilayah tersebut”, dengan menekankan risiko keamanan di Israel, Lebanon, dan Palestina.

“Situasi di zona konflik Palestina-Israel serta di wilayah ‘Garis Biru’ antara Lebanon dan Israel masih tidak stabil,” kata Kementerian Luar Negeri Lebanon.

Kementerian Luar Negeri Polandia juga menyarankan agar tidak melakukan perjalanan ke Israel, Palestina, dan Lebanon. “Tidak dapat dikesampingkan bahwa akan terjadi peningkatan operasi militer secara tiba-tiba, yang akan menyebabkan kesulitan besar bagi mereka yang meninggalkan ketiga negara tersebut,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan. “Eskalasi apa pun dapat menyebabkan pembatasan lalu lintas udara yang signifikan dan ketidakmampuan untuk melintasi perbatasan darat.”

Adapun pernyataan India mencakup Iran dan Israel, menyerukan warga India untuk tidak pergi ke kedua negara tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut mengingat “situasi yang berlaku di wilayah tersebut”.

Kementerian Luar Negeri di New Delhi mengatakan warga negara India yang berada di kedua negara tersebut harus melakukan “tindakan pencegahan semaksimal mungkin mengenai keselamatan mereka dan membatasi pergerakan mereka seminimal mungkin”.

Sementara itu Jerman memperingatkan warganya untuk meninggalkan Iran secara khusus, dengan mengatakan bahwa meningkatnya ketegangan dapat mempengaruhi rute keluar. “Dalam ketegangan saat ini, terutama antara Israel dan Iran, terdapat risiko peningkatan yang tiba-tiba,” kata Kementerian Luar Negeri Jerman. “Warga negara Jerman menghadapi risiko nyata ditangkap dan diinterogasi secara sewenang-wenang serta dijatuhi hukuman penjara yang lama. Warga negara ganda yang berkewarganegaraan Iran dan Jerman sangat berisiko.

Secara terpisah, maskapai penerbangan andalan Jerman Lufthansa memperpanjang penangguhan penerbangan ke dan dari Teheran hingga Kamis dan tidak akan menggunakan wilayah udara Iran selama waktu tersebut.

 

3 dari 4 halaman

AS Sebut Ancaman Nyata

Amerika Serikat telah membatasi karyawannya di Israel dan anggota keluarga mereka untuk melakukan perjalanan pribadi ke luar wilayah Tel Aviv, Yerusalem, dan Beersheba. Serangan yang akan segera dilakukan oleh Iran terhadap Israel adalah ancaman yang “nyata” dan “dapat dilakukan”, kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby kepada wartawan pada hari Jumat, seraya menambahkan bahwa Washington akan memastikan Israel “memiliki apa yang mereka butuhkan dan bahwa mereka mampu memenuhi kebutuhan ”membela diri”.

Berbicara kepada wartawan pada hari Jumat, Presiden Joe Biden berkata: “Kami mengabdi pada pertahanan Israel. Kami akan mendukung Israel. Kami akan membantu membela Israel, dan Iran tidak akan berhasil.” Komandan tertinggi AS untuk Timur Tengah, Jenderal Erik Kurilla, juga berada di Israel untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat militer mengenai ancaman keamanan. Perjalanannya diundur dari tanggal yang dijadwalkan sebelumnya “karena perkembangan terkini”, kata juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder pada hari Kamis.

Setelah Kurilla membahas ketegangan dengan Iran dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada hari Jumat, Gallant mengatakan AS dan Israel “bahu-membahu” dalam menghadapi kemungkinan ancaman. “Kami siap mempertahankan diri di darat dan di udara, bekerja sama erat dengan mitra kami, dan kami akan tahu bagaimana meresponsnya,” tambah Menteri Pertahanan.

The Wall Street Journal, mengutip seseorang yang mengetahui masalah ini, melaporkan pada hari Kamis bahwa Israel sedang mempersiapkan serangan oleh Iran pada hari Jumat atau Sabtu.

Hamdah Salhut dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Yerusalem Timur, mengatakan tentara Israel mengumumkan bahwa mereka sedang bersiap di semua lini secara ofensif dan defensif. “Beberapa minggu lalu, Israel meningkatkan tingkat kewaspadaan mereka, memanggil pasukan cadangan dan memperkuat sistem pertahanan udara,” katanya, seraya menambahkan bahwa para pejabat Israel mengatakan mereka siap menghadapi apa pun.

Merangkum dari imbauan perjalanan tersebut di atas, maka ada tujuh negara sejauh ini yang sudah memperingatkan warga negaranya untuk menghindari kawasan Timur Tengah, terutama Israel, Iran, Lebanon. Berikut ini di antaranya:

  1. Prancis
  2. Inggris
  3. Rusia
  4. Polandia
  5. India
  6. Jerman
  7. Amerika Serikat
4 dari 4 halaman

Serangan 7 Oktober 2023 Awal Mulanya

Israel telah membombardir Jalur Gaza sejak 7 Oktober dan mengirimkan pasukan darat, menewaskan sedikitnya 33.600 warga Palestina dan melukai lebih dari 76.000 orang. Serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan menewaskan lebih dari 1.100 orang di sana.

Israel juga meningkatkan serangan terhadap personel Iran dan sekutunya di Suriah dan Lebanon dan hampir setiap hari melancarkan serangan lintas perbatasan dengan kelompok Hizbullah Lebanon sejak awal perang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini