Sukses

Gelombang Panas Ancam Mata Pencaharian Petani Vietnam

Fenomena El-Nino disebut memperparah peristiwa iklim seperti gelombang panas hingga kekeringan.

Liputan6.com, Ho Chi Minh City - Gelombang panas di Vietnam memperburuk kondisi lingkungan di wilayah Delta Mekong dan para petani serta pekerja musiman mengatakan kepada VOA bahwa panas menyebabkan kondisi kerja yang sangat melelahkan dan mengurangi hasil panen.

Gelombang panas ini dipicu oleh pola cuaca El Nino yang menyebabkan kondisi lebih panas dan kering di Vietnam.

Kepala Pusat Hidro-Meteorologi Regional Selatan Le Dinh Quyet mengatakan kepada kantor berita lokal VnExpress bahwa suhu puncak melanda wilayah selatan awal tahun ini akibat El Nino dan gelombang panas yang dimulai awal Maret diperkirakan akan berlanjut hingga April. Kondisi demikian menunda awal musim hujan. Demikian seperti dilansir VOA Indonesia, Sabtu (6/4).

Dosen di Universitas Terbuka Kota Ho Chi Minh yang berspesialisasi dalam Hidrologi Vo Quang Tuong menuturkan kepada VOA melalui email bahwa El Nino "diperkirakan akan memperburuk cuaca ekstrem dan peristiwa iklim seperti gelombang panas, banjir, dan kekeringan".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Pengemudi Ojol

Di Ho Chi Minh City, seorang pengemudi Grab yang berusia 60-an tahun mengatakan kepada VOA bahwa suhu udara sangat panas pada siang hari saat dia membawa penumpang dengan sepeda motornya.

"Anda merasakan panas yang terpantul dari aspal dan langit," katanya. "Kombinasi ini membuat panasnya tidak tertahankan."

Pengemudi Grab lainnya, berusia 20-an, mengatakan kepada VOA pada hari yang sama bahwa dia mulai bekerja setelah pukul 16.00 untuk menghindari terik matahari selama jam-jam.

"Saya rasa tidak ada gunanya bekerja di bawah cuaca yang sangat panas. Saya rasa kita tidak perlu mengorbankan kesehatan kita," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini