Sukses

AS Klaim Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik di Samudra Pasifik

Angkatan Udara AS menyatakan bahwa uji coba rudal hipersonik dilakukan pada Minggu (17/3).

Liputan6.com, Washington, DC - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Selasa (19/3/2024) mereka berhasil melakukan uji coba rudal hipersonik yang diluncurkan dari udara di Samudra Pasifik.

"Uji coba tersebut dilakukan pada Minggu (17/3) setelah pesawat pengebom B-52 meninggalkan Pulau Guam dengan membawa Senjata Respon Cepat (ARRW) yang diluncurkan dari udara," kata pihak Angkatan Udara AS seperti dilansir Reuters, Jumat (22/3).

Meskipun Angkatan Udara AS menyebut uji coba tersebut sukses, mereka tidak mengungkapkan kecepatan terbang senjata tersebut.

Dalam pengujian sebelumnya, ARRW telah terbang setidaknya lima kali kecepatan suara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selain AS, Ada Rusia dan China

AS tidak sendirian dalam mengembangkan senjata hipersonik, yang kecepatan dan kemampuan manuvernya membuat senjata tersebut sulit dilacak dan dicegat.

Menurut para pejabat militer AS, Rusia telah menembakkan rudal hipersonik ke sasaran di Ukraina dan China juga telah menguji senjata hipersonik.

Namun, pada Oktober, Kementerian Luar Negeri China membantah bahwa mereka telah melakukan uji coba senjata hipersonik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini