Sukses

8 Objek Bumi yang Terlihat dari Stasiun Luar Angkasa

Apa yang dilihat para astronaut di permukaan Bumi tergantung pada seberapa tinggi mereka melayang di luar angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para astronaut yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), pemandangan Bumi dari luar angkasa merupakan sebuah keajaiban yang tiada tara. Walaupun jarak antara stasiun luar angkasa dengan permukaan laut sekitar 400 kilometer, tetapi ada banyak objek bumi yang diabadikan dari sana.

Dikutip dari laman NASA Earth Observatory pada Jumat (08/04/2024), apa yang dilihat para astronaut di permukaan Bumi tergantung pada seberapa tinggi mereka melayang di luar angkasa. Menurut mantan komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield objek di permukaan Bumi dapat terlihat pula dari luar angkasa tergantung pada kondisi cuaca dan pencahayaannya.

Berikut objek bumi terlihat dari luar angkasa.

1. Tembok Besar China

Tembok Besar China membentang sepanjang 21.196 kilometer. Sebagian besar tembok berada di utara China. Tetapi, ada yang terletak di selatan.

Astronot sekaligus ahli geofisika Jerman, Alexander Gerst pernah mengambil gambar tembok besar ini dari ISS. Astronot dari European Space Agency ini mengambil gambar Tembok Besar China menggunakan lensa tele 800 mm.

2. Palm Islands Dubai

Hamparan pulau buatan Palm Islands atau Palm Jumeirah juga dapat terlihat dari Stasiun Luar Angkasa. NASA menyebut, pulau buatan ini dapat terlihat dari Garis Karman.

Bahkan astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dapat melihat dengan jelas menggunakan lensa 800 mm. Objek ini terlihat sangat jelas saat ISS mengorbit dengan ketinggian rata-rata 400 km di atas permukaan laut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Three Gorges Dam

3. Three Gorges Dam

Objek Bumi yang dapat dilihat dari ISS selanjutnya adalah Three Gorges Dam. Bendungan yang terbentang di Sungai Yangtze China diungkapkan NASA dapat terlihat dari luar angkasa.

Tinggi bendungan raksasa ini mencapai 185 meter dengan panjang lebih dari 2 km. Bendungan itu merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar dunia.

Menurut NASA, Three Gorges Dam disebut sebagai bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.

4. Bingham Canyon Mine

Tambang Bingham Canyon berada di sekitar 32 km sebelah tenggara Kota Salt Lake, Utah, Amerika Serikat. Tambang ini disebut sebagai penambangan buatan manusia terbesar dan tambang terdalam di dunia.

Saking besar dan luasnya, Bingham Canyon Mine bisa dilihat dari Garis Karman tanpa perlu bantuan pembesaran (zoom in). Para astronaut NASA juga melaporkan bahwa mereka dapat melihat tambang ini pada ketinggian antara 305 hingga 531 km di atas permukaan laut.

5. Piramida Giza

Menurut seorang astronout Inggris bernama Tim Peake, ia bisa melihat struktur besar Piramida Giza dengan lensa 800 mm. Namun, bangunan ini tidak terlihat dengan mata telanjang.

Sementara mantan astronout NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao, mengungkap bahwa Piramida Giza dapat terlihat saat ia berada di orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional. Ia mengatakan pernah melihat dua piramida besar dengan bantuan kamera tele maupun mata telanjang yang nampak sebagai dua titik kecil.

 

3 dari 4 halaman

Sungai Amazon

6. Sungai Amazon

Sungai Amazon dapat dilihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pada akhir 2020, NASA mengabadikan foto sungai Amazon dari luar angkasa.

Dari ISS, sungai Amazon terlihat seperti dialiri emas murni. Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di dunia, dengan panjang 6.436 kilometer.

Sungai ini mengalir dari Pegunungan Andes hingga ke Samudra Atlantik, melintasi beberapa negara, seperti Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia, dan Ekuador. Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun.

Amazon membawa air lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze digabungkan.

7. Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya juga dapat terlihat dari ISS. Pegunungan Himalaya adalah sistem pegunungan besar di Asia yang memisahkan Dataran Tinggi Tibet di utara dan dataran aluvial di anak benua India di selatan.

Pegunungan Himalaya termasuk puncak tertinggi di dunia, terutama Gunung Everest. Pegunungan Himalaya terbentuk karena tumbukan antara lempeng tektonik India dengan Eurasia.

Himalaya merupakan salah satu pegunungan termuda di bumi ini. Secara etimologi, Himalaya berarti "tempat kediaman salju" dalam bahasa Sanskerta. Himalaya memanjang sepanjang lima negara yakni Afganistan, Pakistan, India, Tiongkok, Bhutan, Nepal dan Myanmar.

 

4 dari 4 halaman

Great Barrier Reef

8. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef dapat terlihat dari luar angkasa. Great Barrier Reef adalah struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup.

Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di dunia, dengan panjang 2.300 kilometer. Terumbu karang ini terletak di pesisir timur laut Australia dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Great Barrier Reef memiliki keanekaragaman dan keindahan luar biasa. Di dalamnya terdapat 400 jenis karang, 1.500 jenis ikan, dan 4.000 jenis moluska.

Great Barrier Reef juga merupakan rumah bagi lebih dari 50 spesies hiu, termasuk hiu karang sirip putih. NASA menyebut, Great Barrier Reef menghadapi ancaman serius seperti pemanasan global, polusi, penangkapan ikan berlebihan, dan aktivitas manusia lainnya.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.