Sukses

2 Maret 1836: Texas Deklarasikan Kemerdekaan dari Meksiko

Perjuangan warga Texas untuk melepaskan diri dari Meksiko bermula dari konvensi sejumlah warga.

Liputan6.com, Austin - Selama Revolusi Texas, sebuah konvensi warga bertemu di Washington-on-the-Brazos dan mendeklarasikan kemerdekaan Texas dari Meksiko pada 2 Maret 1836. Kala itu, para delegasi yang terlibat memilih David Burnet sebagai presiden sementara dan mengukuhkan Sam Houston sebagai panglima seluruh pasukan Texas.

Pemerintah Texas juga mengadopsi konstitusi yang melindungi praktik perbudakan bebas, yang dilarang oleh hukum Meksiko.

Awalnya pada tahun 1820, Moses Austin, seorang warga negara Amerika Serikat (AS), meminta izin kepada pemerintah Spanyol di Meksiko untuk menetap di Texas yang memiliki sedikit penduduk. Tanah pun diberikan kepadanya. Namun, Austin meninggal setelahnya sehingga putranya, Stephen F. Austin, mengambil alih proyek tersebut.

Dilansir laman History, Sabtu (2/3/2024), pada tahun 1821, Meksiko memperoleh kemerdekaan dari Spanyol, dan Austin merundingkan kontrak dengan pemerintah baru Meksiko yang memungkinkan dia memimpin sekitar 300 keluarga ke Sungai Brazos.

Berdasarkan ketentuan perjanjian, para pemukim harus beragama Katolik, tetapi Austin sebagian besar membawa umat Protestan dari Amerika Serikat bagian selatan.

Pemukim AS lainnya tiba pada tahun-tahun berikutnya, dan jumlah penduduk AS pun segera melebihi jumlah penduduk Meksiko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemberontakan Fredorian

Pada tahun 1826, konflik antara pemukim Meksiko dan AS menyebabkan Pemberontakan Fredonian, dan pada tahun 1830 pemerintah Meksiko mengambil tindakan untuk menghentikan masuknya orang AS.

Pada tahun 1833, Austin, yang mencari status negara bagian Texas di federasi Meksiko, dipenjara setelah meminta para pemukim untuk mendeklarasikannya tanpa persetujuan kongres Meksiko. Dia dibebaskan pada tahun 1835.

Kemudian pada tahun 1834, Santa Anna, seorang tentara dan politisi, menjadi diktator Meksiko dan berusaha menumpas pemberontakan di Texas dan wilayah lainnya.

Pada bulan Oktober 1835, penduduk Anglo di Gonzales, 50 mil sebelah timur San Antonio, menanggapi permintaan Santa Anna agar mereka mengembalikan meriam yang dipinjamkan untuk pertahanan melawan serangan India dengan menembakkannya ke arah pasukan Meksiko yang dikirim untuk merebutnya kembali.

3 dari 4 halaman

Pertempuan Revolusi Texas

Orang-orang Meksiko dikalahkan dalam apa yang dianggap sebagai pertempuran pertama Revolusi Texas. Para pemukim AS pun membentuk pemerintahan negara bagian sementara, dan tentara Texas di bawah Sam Houston memenangkan serangkaian pertempuran kecil pada musim gugur tahun 1835.

Kemudian pada Desember 1835, sukarelawan Texas yang dipimpin oleh Ben Milam mengusir pasukan Meksiko keluar dari San Antonio dan menetap di sekitar Alamo, sebuah kompleks misi yang disesuaikan dengan tujuan militer sekitar tahun 1800.

Pada Januari 1836, Santa Anna memusatkan kekuatan beberapa ribu orang di selatan Rio Grande, dan Sam Houston memerintahkan agar Alamo ditinggalkan.

Kolonel James Bowie, yang tiba di Alamo pada 19 Januari 1836, menyadari bahwa meriam yang direbut di benteng tidak dapat disingkirkan sebelum kedatangan Santa Anna, jadi dia tetap bertahan bersama anak buahnya.

Dengan menunda pasukan Santa Anna, dia juga beralasan, Houston akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan pasukan yang cukup besar untuk memukul mundur pasukan Meksiko.

4 dari 4 halaman

Deklarasi Kemerdekaan Texas

Pada tanggal 2 Februari 1836, Bowie dan sekitar 30 anak buahnya bergabung dengan kompi kavaleri kecil di bawah pimpinan Kolonel William Travis, sehingga jumlah total pembela Alamo menjadi sekitar 140 orang. Satu minggu kemudian, penjaga perbatasan Davy Crockett tiba dan memimpin 14 Relawan Gunung Tennessee.

Pada tanggal 23 Februari 1836, Santa Anna dan sekitar 3.000 tentara Meksiko mengepung Alamo, dan misi sebelumnya dibombardir dengan tembakan meriam dan senapan selama 12 hari. Pada tanggal 24 Februari, di tengah kekacauan pengepungan, Kolonel Travis menyelundupkan sepucuk surat yang berbunyi: "Kepada Rakyat Texas dan Seluruh Amerika di Dunia…. Saya tidak akan pernah menyerah atau mundur…. Kemenangan atau Kematian!"

Pada 1 Maret 1836, bala bantuan terakhir Texas dari Gonzales yang berada di dekatnya menerobos garis musuh dan masuk ke Alamo, sehingga total pasukan bertahan menjadi sekitar 185 orang. Pada 2 Maret 1836, pemerintah revolusioner Texas secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Meksiko.

Dini hari tanggal 6 Maret, Santa Anna memerintahkan pasukannya untuk menyerbu Alamo. Artileri Travis menghancurkan serangan Meksiko yang pertama dan kemudian yang kedua, tetapi hanya dalam waktu satu jam pasukan Texas kewalahan, dan Alamo berhasil direbut.

Santa Anna telah memerintahkan agar tidak ada tahanan yang ditahan, dan semua pasukan Texas dan Amerika terbunuh dalam pertarungan tangan kosong yang brutal.

Satu-satunya yang selamat dari Alamo adalah segelintir warga sipil, kebanyakan perempuan dan anak-anak. Ratusan anak buah Santa Anna tewas selama pengepungan dan penyerbuan Alamo.

Enam minggu kemudian, pasukan Texas dalam jumlah besar di bawah Sam Houston mengejutkan pasukan Santa Anna di San Jacinto.

Diktator Meksiko terpaksa mengakui kemerdekaan Texas dan menarik pasukannya ke selatan Rio Grande.

Texas mengupayakan aneksasi oleh Amerika Serikat, tetapi Meksiko dan kekuatan anti-perbudakan di Amerika Serikat menentang masuknya negara tersebut ke dalam Uni.

Selama hampir satu dekade, Texas berdiri sebagai republik merdeka, dan Houston adalah presiden terpilih pertama di Texas. Pada tahun 1845, Texas bergabung dengan Persatuan sebagai negara bagian ke-28, yang menyebabkan pecahnya Perang Meksiko-Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.