Sukses

Menteri Kesehatan Skotlandia Mundur Gara-gara Tagihan iPadnya Capai Rp216 Juta

Liputan6.com, Edinburgh - Menteri Kesehatan Skotlandia Michael Matheson telah mengundurkan diri dari jabatannya setelah laporan mengenai tagihan iPadnya yang mencapai 11.000 pound sterling atau sekitar Rp216 juta.

Matheson mengatakan bahwa alasannya mengundurkan diri adalah karena ia tidak ingin adanya perdebatan mengenai tagihannya itu.

Tagihan iPad, yang dibayarkan dari dana publik, dikeluarkan selama perjalanan keluarganya ke Maroko pada akhir tahun 2022.

Ketika rincian tagihan itu pertama kali dipublikasikan, dia mengatakan bahwa perangkat tersebut hanya digunakan untuk hal terkait pekerjaannya. Namun kemudian, ia mengakui bahwa putranya telah menggunakan iPad tersebut sebagai hotspot data agar mereka bisa menonton sepak bola.

Dilansir BBC, Sabtu (10/2/2024), ia telah membayar tagihan tersebut secara penuh dan meminta maaf.

Pengunduran dirinya terjadi menjelang publikasi penyelidikan atas insiden tersebut oleh Badan Korporat Parlemen Skotlandia – yang telah memeriksa apakah Matheson membuat klaim pengeluaran anggaran yang tidak wajar.

Dalam surat pengunduran dirinya kepada Menteri Pertama Humza Yousaf, Matheson mengatakan dia masih belum menerima laporan badan usaha tersebut.

Dia menambahkan, "Namun, demi kepentingan terbaik saya dan pemerintah jika saya mundur sekarang untuk memastikan hal ini tidak menjadi gangguan dalam menjalankan agenda pemerintah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Menteri Pertama Skotlandia Humza Yousaf

Ketika berita mengenai tagihan iPad pertama kali muncul pada November 2023, Yousaf awalnya menggambarkannya sebagai pengeluaran yang "sah".

Namun setelah Matheson mengakui bahwa putranya terlibat, Menteri Yousaf menolak seruan untuk memecatnya dan menyangkal bahwa dia telah disesatkan oleh Menteri Kesehatan.

Menteri Yousaf menerima pengunduran diri itu dengan "sedih".

"Saya setuju bahwa yang terbaik bagi Anda sekarang adalah mundur untuk memastikan Anda dapat memberikan perhatian yang layak pada proses parlemen, tanpa hal itu menjadi gangguan terhadap agenda pemerintah," ungkap Yousaf.

3 dari 4 halaman

Perombakan Kabinet

Menanggapi pertanyaan dari wartawan tentang mengapa dia tidak memecat Matheson beberapa bulan yang lalu, ia menyebut bahwa dirinya masih harus melakukan perombakan kabinet.

Menyusul mundurnya Matheson, Neil Gray ditunjuk sebagai menteri kesehatan yang baru setelah Yousaf merombak tim kabinetnya.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Oposisi

Pengunduran diri menteri kesehatan terjadi hanya setengah jam sebelum Yousaf menghadapi para pemimpin oposisi di First Minister's Questions, dan pemimpin Konservatif Skotlandia Douglas Ross yang mengatakan Matheson telah membuat "klaim palsu atas ribuan pound dari uang pembayar pajak".

"Dia telah mengundurkan diri namun Humza Yousaf seharusnya memecatnya begitu jelas bahwa Michael Matheson tidak mengatakan yang sebenarnya," kata Ross kepada parlemen Skotlandia. 

Dia menambahkan, "Reputasi Humza Yousaf sendiri hancur karena skandal ini. Dia terlihat lemah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini