Sukses

Rusia dan Ukraina Kembali Bebaskan Tawanan Perang, 195 Orang Dibebaskan

Rusia dan Ukraina mengatakan mereka telah bertukar tentara yang ditangkap – pertukaran pertama sejak jatuhnya pesawat Rusia yang diklaim Moskow membawa 65 prisoners of war (PoW) tawanan perang Ukraina di dalamnya.

Liputan6.com, Kyiv - Rusia dan Ukraina mengatakan mereka telah bertukar tentara yang ditangkap – pertukaran pertama sejak jatuhnya pesawat Rusia yang diklaim Moskow membawa 65 prisoners of war (PoW) tawanan perang Ukraina di dalamnya.

Militer Rusia mengatakan masing-masing pihak memulangkan 195 tentara pada Rabu 31 Januari 2024. Sementara pihak Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan 207 tentara Ukraina telah dikembalikan.

Pertukaran pada hari Rabu ini merupakan pertukaran tawanan perang Ukraina ke-50 sejak Presiden Putin melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

Dalam pernyataan singkatnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pertukaran itu selesai setelah negosiasi.

"Personel militer yang dibebaskan akan diangkut dengan pesawat angkut militer… ke Moskow untuk perawatan dan rehabilitasi," kata pernyataan tersebut seperti dikutip dari BBC, Kamis (1/2/2024).

"Semua mereka yang dibebaskan diberikan bantuan medis dan psikologis yang diperlukan," sambung pernyataan itu.

Rekaman yang dirilis oleh kementerian tersebut konon menunjukkan tentara Rusia yang ditukar tersebut menaiki bus sebelum penerbangan mereka ke Moskow.

Sementara itu, Presiden Zelenskyy menulis dalam sebuah postingan di media sosial: "Rakyat kami telah kembali. Ada 207 orang. Kami memulangkan mereka apa pun yang terjadi."

"Kami mengingat setiap warga Ukraina yang ditawan. Baik pejuang maupun warga sipil. Kami harus memulangkan mereka semua," katanya, seraya berterima kasih kepada pejabat tinggi keamanan Ukraina yang memungkinkan terjadinya pertukaran terbaru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detik-Detik Pembebasan

Video yang direkam oleh pihak berwenang Ukraina menunjukkan tawanan perang yang dilepaskan tumpah ruah dari bus, sambil tersenyum lebar dan meneriakkan "Glory to Ukraine!". Seorang tentara terjatuh ke tanah, berguling-guling di salju, sangat gembira bisa kembali.

Para pria tersebut mengenakan seragam penjara Rusia, rambut di kepala mereka dicukur habis, dan banyak di antara mereka yang terlihat kurus setelah ditahan.

Ada pula yang menangis saat berbicara dengan kerabatnya melalui telepon. Di akhir video mereka semua berdiri, mengenakan bendera nasional biru-kuning Ukraina, dan menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina.

Pertukaran itu dirahasiakan sampai hal itu terjadi, demi keamanan. Ukraina mengonfirmasi bahwa Uni Emirat Arab terlibat sebagai mediator, seperti yang terjadi pada awal bulan ini, namun kami tidak mengetahui rincian apa pun mengenai negosiasi tersebut.

Pusat koordinasi tawanan perang Ukraina mengatakan di antara mereka yang dibebaskan adalah anggota Garda Nasional, penjaga perbatasan, serta seorang polisi.​

3 dari 4 halaman

Ukraina Mempertanyakan Klaim Tawanan Perang yang Tewas di Pesawat Jatuh Rusia

Adapun Kyiv mempertanyakan klaim Moskow bahwa tawanan perang Ukraina berada di pesawat yang jatuh pekan lalu.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim pada hari Rabu (31/1) bahwa pesawat angkut militer Il-76 telah ditembak jatuh oleh Ukraina di wilayah barat Belgorod menggunakan sistem Patriot Amerika. Dia tidak memberikan bukti.

Militer Rusia sebelumnya mengatakan bahwa puluhan tentara Ukraina berada di dalam pesawat tersebut, yang menuju ke daerah tersebut untuk pertukaran tahanan. Dikatakan bahwa enam awak kapal Rusia dan tiga petugas pengawal juga berada di kapal tersebut, dan tidak ada yang selamat.

Rusia belum memberikan bukti kuat atas klaimnya dan pihak berwenang di sana memiliki sejarah kebohongan dan disinformasi yang panjang dan terbukti.

Kyiv tidak secara langsung membantah pernyataan Rusia tersebut, namun mengatakan belum ada yang bisa dikonfirmasi.

Pekan lalu, juru bicara intelijen militer di Kyiv mengatakan kepada BBC bahwa dia "tidak mengesampingkan" kemungkinan bahwa tawanan perang Ukraina berada di pesawat Il-76.

Pernyataan resmi lainnya berbicara tentang hak Ukraina untuk mempertahankan diri dari rudal Rusia, khususnya yang ditembakkan dari Belgorod, dekat perbatasan Ukraina.

Namun banyak orang di Ukraina yang bertanya-tanya mengapa Rusia tidak memperlihatkan gambar puluhan jasad setelah kecelakaan pesawat untuk mendukung pernyataannya.

Sejauh ini tidak ada rincian yang diverifikasi secara independen dan kedua belah pihak menyerukan penyelidikan internasional.

4 dari 4 halaman

Nasib 65 Tawanan Perang Ukraina di Pesawat Jatuh Rusia?

Ukraina mengatakan bahwa tidak satu pun dari 65 orang yang dijadwalkan dibebaskan pekan lalu, dan yang diklaim Rusia tewas, termasuk di antara orang-orang terbaru yang dibebaskan.

Namun, juru bicara intelijen militer Ukraina mengatakan kepada BBC bahwa beberapa tentara lainnya yang kembali pada hari Rabu, dijadwalkan akan ditukar pada pertukaran terakhir.

BBC telah berbicara dengan teman dan kerabat dari 65 orang yang masih belum ditemukan. Mereka tidak ingin berkomentar secara terbuka, namun menekankan bahwa tidak ada bukti apa pun saat ini – dan mereka tetap berharap.

"Tentu saja kami khawatir," kata seorang teman salah satu tahanan. "Tetapi tidak ada informasi, tidak ada bukti."

Masih ada ribuan tawanan perang Ukraina yang ditahan di Rusia.

Keluarga mereka biasanya tidak memiliki kontak sama sekali, dan tidak mengetahui apa pun tentang nasib para pria tersebut sampai mereka tiba-tiba dibebaskan melalui pertukaran tahanan.

Seorang perempuan, Tetyana, yang putranya ditangkap di Kota Mariupol, Ukraina tenggara pada tahun 2022, mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak mendengar kabar langsung dari putranya sejak saat itu.

Konfirmasi terakhir bahwa dia masih hidup adalah lebih dari setahun yang lalu, ketika seorang tahanan yang dibebaskan mengonfirmasi bahwa mereka berbagi sel.

Tetyana menggambarkan penderitaan hidup dalam ketidakpastian dan harus meyakinkan dirinya sendiri setiap hari bahwa putranya masih hidup.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.