Sukses

China Minta Diperlakukan Setara oleh AS dan Tidak Rebutan Komando

Menlu China Wang Yi bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.

Liputan6.com, Bangkok - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan pada Jumat-Sabtu kemarin di Bangkok, Thailand. Menurut laporan media China, keduanya berbicara dengan terbuka soal isu-isu strategis, termasuk masalah Taiwan.

Wang Yi merupakan diplomat senior China yang kini menjabat juga sebagai direktur Kantor Komisi Pusat Hubungan Luar Negeri dan anggota Biro Politik Partai Komunis China.

Sementara, Jake Sullivan merupakan mantan ajudan Hillary Clinton yang kini merupakan Penasihat Keamanan Nasional termuda dalam sejarah AS.

Menurut pemerintah China Global Times, Minggu (28/1/2024), menulis bahwa kedua pihak harus memperlakukan satu sama lain sebagai setara ketimbang bertikai untuk posisi komando, dan mencari persamaan ketimbang melemahkan kepentingan inti masing-masing.

Wang Yi juga menekankan bahwa Taiwan merupakan isu sensitif bagi China, dan bahwa Taiwan adalah bagian dari China. Kemerdekaan Taiwan disebut sebagai risiko terbesar dari perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, serta merupakan tantangan terbesar hubungan AS-China.

Kedua pihak juga sepakat menerapkan "San Francisco vision" yang merupakan konsensus dari pertemuan San Francisco summit.

AS dan China turut sepakat menggunakan dengan baik jalur komunikasi strategis, dan dialog-dialog diplomatik, militer, ekonomi, finansial, bisnis, dan perubahan iklim. Kerja sama melawan narkoba juga direncanakan di masa yang akan datang, begitu pula pertemuan tentang kecerdasan buatan.

Dari pihak AS, situs White House memberikan pernyataan bahwa komunikasi kedua pihak akan terus terbuka, serta menjaga kompetisi dengan bertanggung jawab. Ini juga termasuk komunikasi jalur militer yang dianggap penting oleh keduanya.

Pihak White House juga berkata kedua pihak melakukan diskusi terkait isu global dan regional, seperti Laut China Selatan, Ukraina, Korea Utara, dan Burma.

"Kedua pihak berkomitmen untuk menjaga jalur komunikasi strategis ini dan meraih diplomasi level tinggi tambahan dan konsultasi di area-area kunci antara Amerika Serikat dan Republik Rayat China, termasuk melalui percakapan antara Presiden Biden dan Presiden Xi," pungkas pernyataan White House.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkait Laut China Selatan

Sebelumnya dilaporkan, panglima militer Filipina mengumumkan rencana kegiatan pembangunan signifikannya di Laut China Selatan, khususnya di wilayah daratan yang dikuasai Filipina.

Langkah ini diperkirakan akan meningkatkan ketegangan dengan Tiongkok terkait wilayah yang disengketakan.

Pengumuman ini disampaikan Jenderal Romeo Brawner usai pertemuan penting dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di markas besar Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) di Kamp Aguinaldo, dikutip dari laman Hongkong Post, Minggu (21/1).

“Kami punya tujuan meningkatkan pengembangan kesembilan fitur daratan, khususnya pulau-pulau yang saat ini kami tempati,” katanya, mengacu pada Pulau Thitu, lokasi daratan terbesar kedua yang terbentuk secara alami di Kepulauan Spratly.

Keputusan baru-baru ini mengikuti pengumuman sebelumnya oleh Manila untuk memperkuat posisinya di Subsequen Thomas Reef, sebuah wilayah sengketa yang terletak di antara Kepulauan Spratly dan Pulau Palawan.

Filipina menegaskan bahwa hal ini punya tujuan pertahanan, karena negara tetangga yang mengklaim wilayah tersebut, khususnya Tiongkok dan Vietnam, telah terlibat dalam kegiatan konstruksi yang signifikan di wilayah tersebut selama dekade terakhir.

Badan pertahanan Filipina memandang rencana baru ini sebagai upaya yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi rasa puas diri strategis di masa lalu di bawah pemerintahan Rodrigo Duterte yang pro-Beijing.

Namun, Manila mengambil risiko memberikan kompensasi yang berlebihan atas kemunduran yang terjadi sebelumnya dengan memprovokasi konfrontasi yang tidak perlu dengan China, yang telah mengambil sikap yang semakin tegas sebagai tanggapannya.

3 dari 4 halaman

Pertahanan Filipina di Masa Pemerintahan Sebelumnya

Di bawah pemerintahan Ferdinand Marcos Sr., negara di Asia Tenggara ini berada di garda terdepan dalam pembangunan kantor militer dan kantor sipil di wilayah-wilayah yang diperebutkan, dengan membangun landasan pacu yang canggih di Pulau Thitu pada akhir tahun 1970an.

Presiden-presiden Filipina yang terpilih, bagaimanapun, membutuhkan sumber daya yang signifikan untuk mengimbangi dan mendesain ulang situasi negara di kawasan seperti Vietnam, Malaysia dan Taiwan.

Meskipun demikian, latihan pemulihan besar-besaran yang dilakukan Tiongkok yang dimulai pada akhir tahun 2013, mengejutkan Filipina. Pada saat yang sama, Vietnam juga terus maju dengan militerisasi wilayah-wilayah penting yang berada di bawah pengaruhnya.

Bahkan, Malaysia yang terkenal sangat berhati-hati baru-baru ini menciptakan aset energi di perairan yang dijamin oleh Tiongkok dan Vietnam.

Baru setelah paruh akhir tahun 2010-an Filipina, di bawah arahan Menteri Perlindungan DelfinLorenzana mulai mengikuti dan merombak kantor-kantornya di tempat-tempat seperti Pulau Thitu, yang memiliki jumlah penduduk rata-rata yang cukup besar.

4 dari 4 halaman

Kebijakan Presiden Marcos Jr

Marcos Jr telah mendasarkan upaya-upaya sebelumnya dengan baru-baru ini membangun kantor dua lantai di pulau itu, yang memiliki “kerangka kerja tingkat tinggi, misalnya, papan lalu lintas kapal, kamera pantai, radar, dan peralatan korespondensi satelit.

Panduan Dewan Keamanan Publik Filipina Eduardo Ano, mantan bos militer yang menjunjung tinggi upaya Lorenzana sebelumnya, menyebut kantor baru tersebut sebagai cara untuk meningkatkan kapasitas Pengawas Pantai Filipina untuk menyaring perkembangan kekuatan samudera Tiongkok.

Namun, Yayasan Garda Filipina memiliki rencana yang jauh lebih besar pada tahun ini. Karena ketidaktaatan terhadap Tiongkok, AFP bersiap untuk memperkuat instalasi angkatan bersenjatanya yang sebenarnya di sepanjang Jalur Thomas Sandbar.

Militer Filipina juga mendistribusikan rencana keuangan untuk merombak pengaturan penjagaan di pulau-pulau mereka karena ini adalah bagian dari tindakan cemerlang mereka di Laut China Selatan. Meskipun Filipina menganggap aktivitasnya penting untuk perlindungan publik, hal ini dapat memicu Tiongkok untuk melakukan pembalasan yang kuat.

Negara adidaya Asia ini tidak hanya menentang rencana pembangunan Filipina di dekatnya, namun juga menentang strategi internasional organisasi Marcos Jr yang pada umumnya condong ke arah AS dan mitra-mitranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.