Sukses

Kalung Bunga Sambut 41 Pekerja yang Selamat Usai Terjebak 17 Hari di Terowongan Runtuh Uttarakhand India

Upaya tim penyelamat yang disebut penambang lubang tikus berhasil menyelamatkan 41 pekerja yang terjebak di terowongan.

Liputan6.com, Uttarakhand - Tim penyelamat di India berhasil membebaskan 41 pekerja yang terjebak di terowongan Himalaya yang runtuh selama 17 hari.

Para penambang mengebor bagian terakhir dengan tangan untuk menjangkau para pekerja di terowongan sepanjang 4,5 km (3 mil) di Uttarakhand.

Para pria tersebut, yang dibawa keluar dengan tandu beroda melalui pipa selebar 90 cm, dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Seluruhnya tidak ada yang terluka.

Dilansir BBC, Rabu (29/11/2023), misi tersebut akhirnya selesai pada Selasa (28/11) malam berkat upaya sekelompok "penambang lubang tikus", yang menggunakan bor tangan untuk menerobos batu tersebut.

Presiden India Droupadi Murmu menulis di X, sebelumnya Twitter, bahwa dia "lega dan bahagia" mendengar para pekerja tersebut telah berhasil diselamatkan. Dia juga memuji upaya penyelamatan, yang menurutnya menemui kendala yang merupakan "bukti ketahanan manusia".

Para pekerja disambut dengan sorak-sorai dan kalung bunga saat mereka keluar dari terowongan.

Sejumlah teman, keluarga, dan penduduk setempat berkumpul di luar terowongan, menyalakan petasan dan membagikan permen.

Sejak awal penyelamatan, mereka yang berada di atas tanah dapat berkomunikasi melalui walkie-talkie dengan orang-orang tersebut, yang diberi oksigen, makanan dan air melalui pipa sempit yang terpisah.

Terowongan Silkyara adalah bagian dari proyek andalan Char Dham senilai USD1,5 miliar, sepanjang 890 km yang menghubungkan tempat-tempat peziarah utama Hindu melalui jalan dua jalur di Himalaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sulitnya Upaya Penyelamatan

Lantaran tanah longsor menyebabkan sebagian terowongan ambruk, tim penyelamat telah mencoba membersihkan puing-puing sepanjang sekitar 60 meter – yang terbuat dari batu dan logam – yang terletak di antara para pekerja dan mulut terowongan. Tujuannya adalah untuk membuat jalan keluar horizontal dengan pipa keluar untuk para pekerja yang terjebak.

Upaya penyelamatan pun semakin sulit lantaran tim penyelamat harus memotong batang logam di reruntuhan dan tanah yang gembur di lokasi.

Jumat (24/11) lalu, pihak berwenang mengatakan para pekerja akan keluar dalam hitungan jam - sampai mesin bor utama di dalam terowongan dilaporkan rusak. Akhirnya, lebih dari 10 orang tim penyelamat khusus, yang dijuluki "penambang lubang tikus" dikerahkan untuk mengebor secara manual dan membuka jalan bagi para pekerja yang terjebak.

3 dari 4 halaman

Disambut Bahagia

Salah satu penyelamat mengatakan kepada BBC bahwa "saat kami berhasil menembus bagian terakhir dari puing-puing, ada ledakan kebahagiaan di dalam terowongan".

"Orang-orang yang terjebak mulai bertepuk tangan dan berteriak kegirangan. Kemudian petugas meminta mereka untuk tetap tenang, bersabar. Mereka mengatakan kepada mereka: kami akan mengeluarkan Anda satu per satu," ungkapnya.

Pemerintah Uttarakhand mengeluarkan pernyataan yang mengatakan penyelamatan tersebut berhasil "berkat ilmu pengetahuan dan Tuhan".

4 dari 4 halaman

Para Pekerja dalam Kondisi Baik

Para pria tersebut, yang sebagian besar berusia 20-an, dikatakan berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Seorang pejabat dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) mengatakan kepada kantor berita ANI, "Kondisi mereka sangat baik dan baik-baik saja… sama seperti Anda dan saya. Tidak ada kekhawatiran mengenai kesehatan mereka."

Namun, mereka dibawa ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini