Sukses

40 Pekerja Terjebak 5 Hari di Terowongan Runtuh Uttarakhand India, Mesin Bor Dikerahkan untuk Menyelamatkan

Mesin bor membawa harapan bagi pekerja India yang terjebak di terowongan runtuhnya di Uttarakhand.

Liputan6.com, Uttarakhand - Sebuah mesin pengeboran khusus telah dikerahkan untuk menyelamatkan 40 pekerja India yang terperangkap di dalam terowongan runtuh selama lebih dari empat hari di negara bagian Uttarakhand.

Alat itu diterbangkan dari Delhi India pada Rabu 15 November 2023, setelah upaya untuk mengebor puing-puing menggunakan mesin lain gagal.

Mesin bor tersebut akan membantu mengebor sebuah saluran sehingga sebuah pipa dapat dimasukkan agar para pekerja dapat merangkak keluar.

Mereka terjebak di dalam sejak Minggu 12 November 2023, setelah tanah longsor menyebabkan sebagian terowongan runtuh. Lima hari berlalu, mereka masih belum bisa keluar dari dalamnya.

Pihak berwenang mengatakan kepada BBC yang dikutip Jumat (17/11/2023) bahwa mereka tidak ingin berspekulasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan puing-puing, namun mereka memperkirakan akan ada perkembangan positif pada Kamis 15 November malam waktu setempat.

Namun, menteri federal VK Singh pada hari Kamis mengatakan kepada wartawan bahwa operasi penyelamatan dapat dilanjutkan selama dua-tiga hari lagi.

Kecelakaan itu terjadi pada hari Minggu pukul 05:00 waktu setempat (23:30 GMT) di negara bagian India Uttarakhand, Himalaya. Sebagian terowongan Silkyara, sekitar 200 meter dari ujungnya, runtuh saat para pekerja berada di dalam. Gundukan puing memutus pasokan oksigen ke para pekerja.

Para pekerja terjebak sekitar 200 meter di dalam terowongan dan selamat, kata para pejabat. Tim penyelamat telah menyediakan makanan, air dan oksigen melalui pipa dan berkomunikasi dengan mereka melalui walkie-talkie. Namun, beberapa laporan menyebutkan bahwa beberapa dari mereka mengalami sakit kepala, kecemasan, dan mual.

Pihak berwenang membantah hal ini dan mengatakan para pekerja tidak terluka.

Deepak Patil, yang bertanggung jawab atas upaya bantuan dan penyelamatan, mengatakan kepada BBC bahwa oksigen yang cukup dipompa ke dalam terowongan, sehingga "tidak akan ada masalah dalam hal pernapasan". Dia menambahkan bahwa terowongan tersebut memiliki penerangan yang baik dan semangat kerja yang tinggi di antara para pekerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mesin Bor Horizontal

Peralatan baru - bor horizontal beban berat dengan augur atau mata bor - diterbangkan oleh pesawat militer dalam tiga bagian dan dirakit di lokasi kecelakaan.

Para ahli mengatakan mesin tersebut cukup kuat untuk menggali puing-puing setinggi lima meter per jam.

Rencananya sekarang adalah mengebor lubang yang cukup lebar untuk memuat pipa logam berdiameter 900 mm. Para pejabat mengatakan para pekerja kemudian dapat merangkak melalui pipa dan keluar dari terowongan.

Namun hal ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mesin lain yang digunakan pada hari Rabu gagal menembus puing-puing dan puing-puing dengan kecepatan cukup tinggi.

3 dari 4 halaman

Operasi Penyelamatan Terhambat Puing-Puing Runtuh

Puing-puing yang berjatuhan telah menghambat operasi karena tanah gembur dan bebatuan terus berjatuhan kembali ke area yang telah dibersihkan. Para pejabat mengatakan seringnya terjadi tanah longsor membuat pekerjaan ini semakin sulit.

Selain menggunakan mesin bor, petugas penyelamat juga telah mencoba menggali puing-puing menggunakan ekskavator, namun upaya tersebut juga tidak berhasil.

 

 

Terowongan Silkyara di distrik Uttarakashi adalah bagian dari proyek jalan raya ambisius pemerintah federal untuk meningkatkan konektivitas ke tempat-tempat ziarah terkenal di negara bagian Uttarakhand. Negara pegunungan, tempat beberapa puncak dan gletser Himalaya berada, memiliki beberapa situs paling suci bagi umat Hindu.​

Seiring berjalannya waktu, kekhawatiran akan keselamatan para pekerja semakin meningkat di kalangan teman dan keluarga mereka.

Anggota keluarga dari beberapa pekerja mengatakan kepada BBC bahwa mereka khawatir dengan kesehatan kerabat mereka.

4 dari 4 halaman

Ayah Menunggu Putranya yang Terjebak di Dalam

Dharam Singh, yang putranya Vijay Kumar terjebak di dalam terowongan, mengatakan dia berdoa agar putranya segera diselamatkan. Singh mengatakan bahwa dia meninggalkan rumahnya di negara bagian tetangga Himachal Pradesh segera setelah dia mendapat berita tentang terowongan yang runtuh.

Sejak itu, dia menunggu di luar terowongan, sangat ingin melihat putranya muncul dari terowongan.

"Ketika saya tiba di sini, saya berbicara dengan putra saya melalui pipa yang digunakan para pejabat untuk berkomunikasi," kata Singh, seraya menambahkan bahwa dia merasakan gelombang kelegaan begitu mendengar suara putranya.

"Saya mengatakan kepadanya, 'Nak, saya ayahmu di sini. Saya di sini di luar. Saya menunggumu. Kamu akan segera keluar. Jangan khawatir'," kata Singh kepada BBC.

“Anak saya mencoba menghibur saya dan mengatakan semuanya akan baik-baik saja," tambah Singh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.