Sukses

Seperti Gibran Rakabuming Raka, Ini 5 Pengusaha yang Terjun ke Dunia Politik

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Prabowo di kediaman pribadianya, Rumah Kertanegara, Jakarta, Minggu, 22 Oktober 2023 malam.

“Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan bahwa keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

Tenryata, bukan hanya Gibran Rakabuming Raka yang berawal dari pengusaha terjun ke dunia politik, berikut tokoh dunia lainnya yang melakukan langkah serupa, dikutip dari berbagai sumber, Senin (23/10/2023):

1. Donald Trump

Dengan kemenangannya pada tahun 2016 dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, raja real estate Donald Trump menjadi presiden AS tertua.

Tak hanya itu, ia menambah daftar presiden AS yang sebelumnya berlatarbelakang sebagai pengusaha.

Lahir dengan nama Donald John Trump, ia adalah pebisnis, presenter acara realitas hingga politikus.

Ia menjabat sebangai presiden AS selama empat tahun, sebelum akhirnya digantikan oleh Joe Biden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Daniel Noboa

Ekuador memiliki kepala negara baru. Pengusaha berusia 35 tahun bernama Daniel Noboa, terpilih menjadi Presiden Ekuador, setelah memenangkan pemilu putaran kedua pada hari Minggu kemarin.

Dengan menguasai lebih dari 97% suara, Noboa menjadi presiden termuda dalam sejarah Ekuador. Dia mengalahkan dengan unggul empat poin persentase atas saingannya dari sayap kiri, Luisa González.

Noboa muda adalah putra dan pewaris raja pisang Álvaro Noboa, yang sempat mencoba ikut pemilihan Presiden Ekuador sebanyak lima kali namun gagal.

Dia merupakan Lulusan Harvard Kennedy School. Di usia mudanya, Daniel Noboa tampaknya berhasil menarik perhatian para pemilih muda yang muak dengan kondisi yang ada.

 

3 dari 4 halaman

3. George W. Bush

Mengikuti jejak ayahnya, dia bekerja sebagai “landman,” mencari hak atas mineral di gedung pengadilan daerah di sekitar Texas Barat.

Dia mendirikan perusahaan minyak Arbusto pada tahun 1977 (bahasa Spanyol untuk Bush) dan menggabungkannya dengan perusahaan pengeboran minyak Spectrum pada tahun 1984.

Dia membeli Texas Rangers dengan grupnya pada tahun 1989 dan memimpin kampanye untuk membangun stadion baru untuk tim bisbol.

Bush juga mengikuti jejak ayahnya untuk terjun ke dunia politik dan menjadi presiden AS.

 

4 dari 4 halaman

4. Terry Gou

Terry Gou, pendiri Foxconn Technology Group, mengumumkan pada 28 Agustus 2023 bahwa ia akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Taiwan pada tahun 2024 sebagai kandidat independen.

Gou, yang telah lama mempunyai ambisi untuk menjadi pemimpin negara kepulauan itu, harus mendapatkan 290.000 suara dari para pemilih untuk menjadi presiden. 

Gou juga telah memilih aktris Tammy Lai sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden Taiwan (pilpres Taiwan). Pengumuman tersebut cukup mengejutkan banyak orang karena Lai tidak memiliki pengalaman politik.

5. George Goh

Pengusaha George Goh Ching Wah pada 12 Juni 2023 mengumumkan niatnya untuk mengikuti kontestasi menjadi Presiden Singapura.

Pendiri Harvey Norman Ossia yang berusia 63 tahun mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai “kandidat independen” dan menekankan keterampilan finansial dan manajerialnya sebagai seorang wirausaha.

“Untuk menjaga integritas jabatannya, Presiden tidak hanya harus berada di atas politik, tetapi juga harus dianggap seperti itu,” ujarnya dalam keterangan pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.