Sukses

Indonesia Masuk Daftar 10 Negara dengan Pantai Terbaik di Dunia

Nikmati pesona pantai terbaik di dunia dengan daftar 10 negara yang memiliki pantai-pantai yang menakjubkan, termasuk Indonesia salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika berbicara tentang keindahan alam dan destinasi liburan yang tak terlupakan, pantai tak pernah absen untuk menjadi salah satu pilihan bagi para wisatawan.

Selain menyediakan pemandangan yang luar biasa, pantai juga memberikan kesempatan untuk merelaksasi diri, merasakan petualangan yang tak terlupakan, sehingga setiap kunjungan ke pantai dapat menjadi pengalaman yang berkesan dan bermakna.

Lebih dari 70% permukaan Bumi adalah lautan, yang artinya hampir setiap negara memiliki pantai. Namun, di antara semua pantai yang tersebar di berbagai belahan dunia, terdapat beberapa negara yang memiliki pantai terbaik di dunia dengan pemandangan alam yang menakjubkan untuk dikunjungi dan dijelajahi, salah satunya adalah Indonesia. 

Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya, telah lama dikenal sebagai surga bagi para pecinta pantai. Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia menawarkan sejuta pesona pantai yang membuatnya layak masuk dalam daftar 10 negara dengan pantai terbaik di dunia. 

Oleh karena itu, daripada menghabiskan seumur hidup mengunjungi setiap negara yang memiliki pantai, para wisatawan dapat langsung menuju negara-negara yang telah menjadi destinasi terbaik untuk menikmati pantai-pantai terindah di seluruh dunia.

Berikut ini adalah daftar negara dengan pantai terbaik di dunia merangkum situs thetravel.com, Kamis (7/9/2023):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesona Pantai yang Menakjubkan di Brazil hingga Yunani

10. Brazil

Pemandangan di sekitar pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brazil (AFP PHOTO/Yasuyoshi CHIBA)

Brazil adalah salah satu dari negara-negara yang memiliki pantai-pantai terindah di seluruh dunia.

Negara ini memiliki garis pantai yang sangat panjang yang menghasilkan beragam pantai berpasir yang menakjubkan, banyak di antaranya memiliki keindahan yang begitu menarik dan terkenal sehingga sering muncul di majalah-majalah dan situs web perjalanan di seluruh dunia.

Sejumlah pantai yang indah di Brazil, seperti Pantai Copacabana dan Pantai Ipanema, menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dan selalu ramai dengan pengunjung serta berbagai aktivitas sepanjang tahunnya. Meskipun banyak pantai di Brazil yang kerap dipadati oleh wisatawan, terdapat berbagai pantai lain yang lebih sepi namun tetap menawarkan pengalaman yang menarik.

Pantai terbaik di Brazil adalah Pantai Copacabana, Pantai Ipanema, dan Pantai Trancoso.

9. Seychelles

Pantai spektakuler yang ada di Anse Source d'Argent di Pulau La Digue, Seychelles. (Creative Commons)

Terletak di Samudra Hindia, di luar pantai Afrika, Seychelles adalah sebuah negara kepulauan yang terkenal dengan pantainya yang memiliki pasir putih khas dan batu-batu besar.

Pantai-pantai di negara ini juga memiliki air biru toska yang sangat jernih, cocok untuk berenang dan snorkeling. Semua ini menjadikan negara ini sebagai surga bagi para pecinta pantai.

Lebih dari 100 pulau menjadikan negara ini sebagai rumah mereka, sehingga pengunjung memiliki banyak pantai untuk dieksplorasi. Beberapa pantai terbaik di Seychelles adalah Pantai Anse Source d'Argent, Pantai Anse Lazio, Pantai Anse Cocos.

8. Yunani

Orang-orang berenang di laut di pinggiran Vouliagmeni, barat daya Athena, Yunani, Kamis (29/7/2021). Suhu naik di atas 40 C (104 F) di beberapa bagian Yunani dan sebagian besar wilayah Eropa. (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Yunani tidak selalu berkaitan tentang situs kuno yang menarik dan museum-museum. Negara ini juga memiliki banyak pantai karena terletak di tepi laut Laut Tengah, Laut Aegea, dan Laut Ionian.

Setiap pulau di negara ini, mulai dari Santorini hingga Mykonos, Corfu, dan Zakynthos, memiliki pantai-pantai yang menakjubkan yang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Keindahan pantai di Yunani dipengaruhi oleh langit biru di atasnya dan desain rumah-rumah berwarna biru dan putih yang mengelilinginya. Beberapa pulau paling istimewa di Yunani, seperti Santorini dan Mykonos, telah menjadikan pantai-pantai mereka seperti surga, berkat kehadiran resor mewah yang menghiasi tepi pantai mereka.

Pantai terbaik di Yunani adalah Pantai Plaka di Naxos, Pantai Navagio, Pantai Zakynthos.

3 dari 4 halaman

Keindahan Pantai yang Mampu Menyihir Para Wisatawan

7. Indonesia

Pantai Pink di Pulau Komodo yang memiliki pasir berwarna pink. (unsplash.com/@marcuswoodbridge)

Selanjutnya adalah Indonesia, sebuah negara di Asia yang sangat diminati oleh pelancong dari berbagai penjuru dunia, terutama karena pulau-pulau di dalamnya yang dipenuhi dengan pantai-pantai indah yang mampu memanjakan mata.

Saat melancong ke Indonesia, wisatawan akan selalu berada dalam jarak dekat dengan pantai-pantai yang memiliki pasir putih dan air toska yang menawan. Para wisatawan juga memiliki peluang untuk mengikuti beragam aktivitas olahraga air yang tersedia.

Entah apakah seseorang mencari pantai yang penuh keramaian dari berbagai belahan dunia atau pantai-pantai terpencil yang cocok untuk berlatih yoga, Indonesia memiliki berbagai pilihan yang akan sesuai dengan selera setiap pencinta pantai.

Indonesia diakui sebagai salah satu destinasi terbaik di dunia untuk menikmati keindahan pantai. Pantai-pantai terbaik di Indonesia adalah Pantai Ngurtafur, Pantai Atuh, Pantai Tangsi atau lebih dikenal dengan Pantai Pink, dan masih banyak lagi.

6. Amerika Serikat

Waikīkī Beach, Honolulu, Hawaii | unsplash.com/@aussieactive

Amerika Serikat tidak hanya memiliki kota-kota yang ramai dan modern.

Negara ini juga memiliki puluhan ribu mil garis pantai yang membentang dari Pantai Pasifik, Pantai Atlantik, Teluk Meksiko, dan Pantai Karibia. Garis pantai ini menciptakan berbagai pantai elegan yang memenuhi kebutuhan berbagai jenis pengunjung.

Negara bagian seperti Florida, Hawaii, Texas, Georgia, New York, dan banyak negara bagian lainnya di Amerika Serikat memiliki beberapa pantai terbaik di negara ini, banyak di antaranya memiliki keindahan yang tak tertandingi dan bahkan memungkinkan pengunjung untuk berkemah atau berpesta di tepi pantai untuk memberikan pengalaman tak terlupakan.

Pantai terbaik di Amerika Serikat adalah Pantai Sandy di Honolulu, South Beach di Miami, Ocean Beach di Maryland.

5. Jamaika

<p>Dunn's River Falls & Park, Ocho Rios, Jamaica. (Unsplash/lakeishajannell)</p>

Terletak di Laut Karibia, Jamaika tidak hanya terkenal karena musik reggae, kuliner eksotis, dan budayanya bersemangat, tetapi juga dikenal karena memiliki banyak pantai yang memukau, dengan air berwarna toska, pasir putih, dan pepohonan yang menawan.

Banyak dari pantai terbaik di Jamaika juga dilengkapi dengan berbagai resor, bar, restoran, dan fasilitas lain yang dapat menghibur para pengunjung. Untuk mereka yang ingin merasakan ketenangan di pantai, Jamaika juga menyediakan banyak pantai yang belum banyak terjamah, di mana hanya akan ditemui burung-burung yang sedang bersinggah.

Pantai-pantai terbaik di Jamaika adalah Pantai Negril, Pantai Frenchman's Cove, dan Pantai Dotcot's Cave.

4. Filipina

<p>Ilustrasi salah satu pantai di Filipina. (Sumber foto: Pexels.com)</p>

Filipina adalah salah satu negara terindah di dunia. Negara ini diberkahi dengan garis pantai yang sangat panjang dan banyak pulau yang menjadi rumah bagi banyak pantai.

Pantai-pantai di Filipina ditandai dengan pasir putih lembut, air berwarna toska, dan banyak di antaranya dikelilingi oleh pegunungan dan hutan.

Selain pemandangan yang luar biasa, sebagian besar pantai terbaik di Filipina menawarkan berbagai kesempatan kepada para wisatwan untuk menikmati olahraga air dan penyelaman. Selain itu, banyak pantai yang juga dilengkapi dengan resor dan fasilitas lain yang akan memberikan pengalaman liburan yang luar biasa tetapi terjangkau bagi para pengunjung.

Pantai-pantai terbaik di Filipina adalah Pantai White di Boracay, Pantai Alona, Pantai Saud.

4 dari 4 halaman

Pantai dengan Pemandangan Alam yang Luar Biasa

3. Maladewa

<p>Pantai berpasir putih, Maladewa. (Unsplash/Matheen Faiz)</p>

Maladewa adalah sebuah negara kecil di Samudra Hindia yang terkenal di seluruh dunia karena memiliki pantai dan pulau yang masih alami, banyak di antaranya memiliki resor yang berlokasi di tepian pantai untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pengunjung.

Maladewa merupakan destinasi ideal untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin sepenuhnya menikmati pantai-pantai terindah yang dunia ini tawarkan.

Sebagian besar pantai-pantai terindah di Maladewa menawarkan air berwarna turquoise yang tenang, pasir putih, dan tanaman hijau di sekitar yang membuatnya tidak hanya menyenangkan bagi mata, tetapi juga cocok untuk bersantai dan berpetualang. Bisa dikatakan bahwa seseorang belum benar-benar merasakan pantai terbaik di dunia sebelum mereka mengunjungi Maladewa.

Pantai terbaik di Maladewa adalah Pantai Cocoa Island, Pantai Pulau Baros, Pantai Pulau Omadhoo.

2. Australia

Pantai Whitehaven - Australia. (Creative Commons)

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Australia adalah rumah bagi lebih dari 11.000 pantai, dan dalam angka yang mencengangkan ini, seseorang pasti akan menemukan beberapa pantai terbaik di dunia. Apapun konsep liburan pantai yang seseorang miliki, Australia memiliki sesuatu yang sesuai.

Entah seseorang mencari pantai dengan ombak yang menggelora untuk berselancar atau yang dipenuhi dengan cangkang kerang, ikan, dan kehidupan laut lain yang menarik yang lainnya, negara ini memiliki semuanya.

Pantai-pantai terbaik di Australia adalah Pantai Bondi, Pantai Bells, Pantai Whitehaven.

1. Kosta Rika

<p>Pacific Coast, Costa Rica. (Unsplash: Ronald Salazar)</p>

Adanya pantai-pantai yang indah adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi Kosta Rika. Pantai-pantai di negara ini tidak hanya menawarkan pemandangan indahnya, tetapi juga menawarkan kesempatan untuk dapat mencoba berbagai olahraga air.

Kebanyakan dari pantai-pantai ini sudah dilengkapi dengan segala hal yang dibutuhkan para wisatawan, sehingga mereka benar-benar bisa menghabiskan seluruh liburannya di tepi pantai tanpa merasa bosan.

Kosta Rika memiliki spot-surfing yang luar biasa dan sempurna bagi mereka yang suka berselancar atau ingin mempelajari olahraga tersebut, karena banyak pantai di negara ini menawarkan ombak sepanjang tahun yang cocok untuk semua tingkatan keahlian. Hal ini membuat negara ini menjadi tempat yang cocok bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan bermain air dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

Pantai-pantai terbaik di Kosta Rika adalah Pantai Manuel Antonio, Pantai Santa Teresa, Pantai Hermosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini