Sukses

FPCI Adakan GTH 2023, Diskusi Maraton Virtual 15 Jam Soal Kondisi Dunia Bareng Model hingga Pemimpin Negara

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Global Citizen akan menggelar Global Town Hall tahunan virtual keempat atau GTH 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Global Citizen organisasi advokasi terkemuka di dunia, akan menggelar Global Town Hall virtual tahunan keempat 2023 atau GTH 2023. Menggandeng konsorsium organisasi masyarakat sipil, lembaga pemikir, dan universitas di seluruh dunia.

Global Town Hall virtual ini kembali diadakan pada Sabtu, 2 September 2023 (GMT+7) menjelang G20 yang mempertemukan para pemimpin pemerintah, masyarakat sipil, aktivis akar rumput, pakar filantropi dan sektor swasta, menyerukan tindakan segera untuk mengatasi tantangan menghadapi umat manusia dan planet ini.

"Global Town Hall menawarkan platform yang signifikan, tidak hanya untuk memperkuat suara organisasi pemuda dan masyarakat sipil, namun juga untuk memastikan ide-ide mereka didengar oleh mereka yang berkuasa. Saat kita mendekati batas waktu tahun 2030 untuk menghilangkan kelaparan dan mencapai SDG2, kita menyaksikan hilangnya kemajuan yang telah dicapai selama hampir satu dekade," kata Michael Sheldrick, Co-Founder dan Chief Policy Global Citizen, Impact, and Government Affairs Officer mengutip pernyataan pers dari FPCI, yang dikutip Kamis (31/8/2023).

Dampak Rusia yang menyebabkan kegagalan Inisiatif Gandum Laut Hitam juga jadi sorotan Michael Sheldrick.

"Dengan latar belakang krisis yang sedang berlangsung, pemicu stres tambahan, termasuk keputusan buruk Rusia yang menyebabkan kegagalan Inisiatif Gandum Laut Hitam atau pemotongan dana Bantuan Pembangunan Luar Negeri yang dilakukan oleh Inggris secara kejam, memperburuk harga pangan global dan secara langsung meningkatkan angka kematian dan kesakitan akibat kelaparan," papar Michael Sheldrick.

"Meskipun ada kesepakatan bahwa 'sesuatu' harus dilakukan untuk memperkuat sistem pangan global, masih terdapat perbedaan pendapat yang signifikan mengenai alat apa yang harus dimanfaatkan dan seperti apa sistem pangan tersebut. Permasalahan mendesak ini tidak bisa ditunda, dan kami mendesak pemerintah di seluruh dunia untuk bertindak sekarang." imbuh Michael Sheldrick.

Sementara itu Pendiri dan Ketua FPCI Dr. Dino Patti Djalal menyatakan bahwa "Kita hidup di masa yang bergejolak. Ketika dunia semakin terpecah dan penuh rasa tidak percaya, kita memerlukan lebih banyak – bukan lebih sedikit – dialog dan masyarakat sipil harus menjadi bagian dari pembicaraan ini."

"Masyarakat sipil ingin suara mereka didengar dan memiliki banyak ide serta niat baik untuk ditawarkan kepada para pembuat kebijakan. Global Town Hall bertujuan untuk menyatukan komunitas-komunitas timur-barat-utara-selatan untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik, kepercayaan yang lebih dalam, dan saling menghormati, yang tanpanya tidak ada masalah global yang dapat diselesaikan," ungkap mantan Dubes Indonesia untuk AS itu.

Untuk mengikuti GTH, Anda bisa mendaftar ke di www.gth2023.com. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembicara: Model hingga Sejumlah Pemimpin Negara

Menurut pernyataan pers dari FPCI, yang dikutip Kamis (31/8/2023), berikut ini sejumlah pembicara yang akan ikut serta:

  • Amina J. Mohammed, Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa;
  • Ban Ki-moon, Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa;
  • Gaston Browne, Perdana Menteri Antigua dan Barbuda;
  • Gilbert Houngbo, Direktur Jenderal Organisasi Perburuhan Internasional;
  • José Ramos-Horta, Presiden Timor-Leste;
  • Volker Türk, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB;
  • Wang-Yi, Anggota Biro Politik Komite Sentral CPC dan Menteri Luar Negeri Tiongkok;
  • Penny Wong, Menteri Luar Negeri Australia;
  • Battsetseg Banmunkh, Menteri Luar Negeri Mongolia;
  • Sofia Carson, Penyanyi, Aktor dan Aktivis;
  • Sabrina Dhowre Elba, Model, Aktor dan Aktivis, dan masih banyak lagi yang harus dikonfirmasi

Dengan mengusung tema "This Is Our World Too: A North-South-East-West Dialogue of Civil Societies" (Ini Juga Dunia Kita: Dialog Masyarakat Sipil Utara-Tenggara-Barat), Global Town Hall akan mengumpulkan sektor-sektor untuk diskusi dan debat berkaliber tinggi mengenai keadaan dunia yang melibatkan para pemikir terkemuka di seluruh dunia.

KTT virtual ini bertujuan untuk melibatkan masyarakat global dengan perspektif dan gagasan berbeda dalam mengatasi tantangan global, memfasilitasi dialog Timur-Barat dan Utara-Selatan yang asli dan berkualitas tinggi di tingkat akar rumput.

 

3 dari 3 halaman

Diskusi Maraton Virtual 15 Jam

Diskusi maraton virtual selama 15 jam yang digagas FPCI maupun Global Citizen bertujuan untuk mengangkat komunitas dan masyarakat sipil di seluruh dunia yang suaranya harus dipertimbangkan dalam diskusi global, terutama mereka yang memberikan masukan terhadap kebijakan nasional dan multilateral yang berdampak pada kehidupan mereka. Baik berfokus pada inisiatif reboisasi untuk menyemangati masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, atau memastikan transisi yang adil bagi daerah yang bergantung pada sumber daya saat mereka beralih dari bahan bakar fosil, Balai Kota ini berfungsi sebagai platform penting untuk mendorong diskusi ini.

GTH 2023 ini diselenggarakan menjelang KTT G20 di India dan Global Citizen Festival di New York City.

  • Rangkaian diskusi ini akan menampilkan isu-isu termasuk di antaranya:
  • Pemberdayaan petani skala kecil
  • Pembelaan pembela hak asasi manusia
  • Mendorong partisipasi politik pemuda
  • Pemberdayaan anak perempuan
  • Mendukung komunitas adat dan pelindung hutan kita sekaligus menggalang aksi iklim yang sangat dibutuhkan, dan masih banyak lagi.

Global Town Hall telah mengumpulkan lebih dari 12.000 orang dari lebih dari 140 negara sejak didirikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.