Sukses

3 Pengakuan Orang yang Klaim Pernah Melihat Monster Loch Ness

Ratusan orang akan bergabung dalam apa yang digambarkan sebagai pencarian terbesar untuk Monster Loch Ness dalam lebih dari 50 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan orang akan bergabung dalam apa yang digambarkan sebagai pencarian terbesar untuk Monster Loch Ness dalam lebih dari 50 tahun.

Dua ratus sukarelawan akan merekam gejala pemandangan alam yang tak biasa di Danau Loch Ness dari sudut pandang di darat, untuk mencari tanda-tanda monster yang telah menjadi mitologi populer tersebut, demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (29/8/2023).

Hampir 300 orang telah mendaftar untuk memantau streaming langsung dari pencarian, yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu.

Sudah 90 tahun sejak mitos modern Nessie --julukan akrab Monster Loch Ness-- dimulai.

Pada April 1933, manajer hotel Aldie Mackay mengklaim melihat makhluk mirip paus di danau itu.

Surat kabar Inverness Courier melaporkan penampakan itu dan editor pada saat itu, Evan Barron, menyarankan makhluk itu digambarkan sebagai "monster".

Sejak itu misteri Nessie telah menginspirasi buku, acara TV dan film, serta menjadi daya tarik industri pariwisata.

Pencarian akhir pekan ini telah diselenggarakan oleh Loch Ness Center di Drumnadrochit dan tim peneliti sukarela yang disebut Loch Ness Exploration.

Sejumlah pemberitaan soal Loch Ness bukan kali pertama ramai, sebelumnya sempat diramaikan dengan kejadian lain. Berikut 3 pengakuan dan cerita penampakan benda yang diduga sebagai Monster Loch Ness dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pemburu Klaim Punya Bukti

Pada Mei 2023, seorang pemburu mahkluk yang biasa dijuluki Nessie, mengklaim telah menangkap bukti 'paling meyakinkan' dari monster mitos tersebut.

Dikabarkan oleh media Mirror, ia mengklaim melihat mahkluk mengerikan itu berjalan melalui danau yang terkenal.

Eoin O'Faodhagain (58) memantau keberadaan Loch Ness melalui webcam. Kala itu dia melihat kehadiran sosok yang besar, diperkirakan sepanjang lebih dari 7 meter, di sisi jauh air.

Dia berkata, “Jika pernah ada penampakan yang seharusnya adalah Monster Loch Ness, inilah penampakannya."

“Sesuatu yang hidup terlihat sedang berenang di danau, menunjukkan banyak gerakan, dan kadang-kadang menunjukkan sesuatu yang mencuat dari air, seperti leher atau punuk hitam.

“Ini memang sangat besar, mengingat ukuran normal makhluk-makhluk yang hidup di danau Loch Ness.

 

3 dari 4 halaman

2. Monster Loch Ness pada 2020 yang Diklaim Terekam dalam Ponsel

Pekerja kehutanan dan petugas pemadam kebakaran di Drumnadrochit, Ross MacAulay telah menjalani seluruh hidupnya di sekitar Loch Ness, danau perairan dalam yang berada di Dataran Tinggi Skotlandia. Karena belum pernah melihat makhluk keramat dananu itu, Nessie, dia menganggap dirinya sebagai orang yang tidak percaya pada binatang mitos.

Namun, Ross sekarang harus mempertimbangkan kembali keraguannya setelah memotret makhluk yang kelihatannya berukuran 12 kaki di ponselnya.

Pria itu mengkau telah menangkap penampakan pertama Nessie di Loch Ness pada ponselnya. Tepat pada 8 Juli, saat Ross mengemudi tepat di luar Fort Augustus, dia melihat ke air, sekitar 200 kaki di bawah jalan dan menemukan "Ada beberapa kayak (perahu kecil bertenaga manusia), tetapi 100 meter di depan kayak tersebut ada sesuatu di bawah permukaan," jelasnya.

"Awalnya saya pikir itu adalah batu besar di bawah air dan saya hanya melanjutkan mengemudi, lalu aku berpikir 'tidak pernah ada batu di sana sebelumnya' sehingga membuatku penasaran. Aku berbalik dan memarkir di tempat yang panjang luas. Objek itu pun bergerak dan muncul di tengah-tengah danau Loch Ness," ungkap Ross.

 

4 dari 4 halaman

3. Objek Mirip Monster Loch Ness di China

Sebuah objek hitam misterius berukuran panjang dan berwarna gelap terlihat mengambang di permukaan Sungai Yangtze, China.

Penampakan benda ini di-posting ke media sosial dan situs pengunggah video, yang kemudian membuat warganet berspekulasi bahwa itu kemungkinan adalah monster penunggu sungai -- seperti mitos di Loch Ness, Skotlandia.

Video diambil oleh seseorang dari atas kapal yang sedang berlayar di dekat Three Gorges Dam, Provinsi Hubei, dan disebarkan pada Jumat, 13 September 2019.

Beberapa warganet percaya. Di satu sisi, para ilmuwan menolak gagasan tentang spesies baru, dengan mengatakan bahwa itu kemungkinan besar adalah ular air raksasa. Akan tetapi, kini 'tanda tanya besar' tersebut terungkap.

Rupanya, objek ini hanyalah kantong udara (airbag) industri sepanjang 20 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.