Sukses

India-Myanmar Akan Bangun Jalur Kereta Api Sepanjang 223 Km, Pintu Masuk ke ASEAN

Kedua negara telah menyetujui lokasi akhir jalur rel sepanjang 223 km dari Aizawl ke Hbichhuah di Mizoram, dekat perbatasan Myanmar.

Liputan6.com, Mizoram - Setelah peresmian Pelabuhan Sittwe kini India dan Myanmar akan terhubungan dengan jalur kereta api dari kota Mizoram. Kedua negara telah menyetujui lokasi akhir jalur rel sepanjang 223 km dari Aizawl ke Hbichhuah di Mizoram, dekat perbatasan Myanmar.

Sumber mengatakan, Nepal dan Bhutan yang terkurung daratan juga bisa mendapatkan keuntungan setelah proyek selesai.

Jalur kereta api baru akan disalurkan ke Proyek Angkutan Transit Multi-Modal Kaladan (KMTTP) yang diidentifikasi bersama oleh India dan Myanmar.

KMTTP, telah disusun dengan tujuan untuk menghubungkan timur laut yang terkurung daratan dengan pelabuhan Sittwe di Myanmar, dan mengurangi ketergantungannya pada Kolkata.

Pelabuhan juga ada di muara sungai Kaladan dan sungai ini mengalir ke Mizoram dari negara bagian Chin di Myanmar. Akhirnya, itu menyatu dengan Teluk Benggala.

Idenya adalah memanfaatkan perbatasan darat India-Myanmar sepanjang 1.623 km dan batas laut sepanjang 725 km di Teluk Benggala, dalam upaya menjangkau kawasan ASEAN.

Menjadi satu-satunya negara dekat dengan kebijakan “Neighbourhood First” India dan kebijakan “Act East”, Myanmar merupakan elemen penting dalam praktik diplomasi regional India di Indo-Pasifik dan berfungsi sebagai jembatan darat untuk menghubungkan Selatan Asia dan Asia Tenggara, kata Diplomat India dalam sebuah laporan, dikutip dari laman indianarrative.com, Jumat (11/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek Kaladan

Sebagai bagian dari mega proyek KMTTP, Sittwe kemudian akan dihubungkan dengan Paletwa, kota paling barat Myanmar, melalui perairan pedalaman di sungai Kaladan.

Paletwa selanjutnya akan dihubungkan melalui jalan sepanjang 62 km dengan Zorinpui di Mizoram. Sesuai rencana, jalan sepanjang 110 km juga sedang dibangun antara Zorinpur dan Aizawl.

Selain itu, jaringan kereta api juga didorong. Inisiatif Indian Railways yang baru saja diumumkan adalah bagian dari keseluruhan jaringan ini.

Rencana yang lebih besar adalah menghubungkan Sittwe dengan Kyaukhtu di wilayah Chin Myanmar. Baik India dan Myanmar juga telah membahas menghubungkan Kyaukhtu dengan Zironpui di Mizoram.

 

3 dari 3 halaman

Mengapa Proyek Ini Penting?

Proyek Kaladan akan memiliki dimensi geopolitik yang besar karena memberi India peluang untuk mengimbangi Inisiatif Belt and Road China (Jalur Sutra).

Pasalnya, Myanmar adalah pintu gerbang India ke ASEAN melalui negara bagian timur laut, New Delhi juga ingin akses lain ke Naypyidaw melalui Manipur.

Sarbananda Sonowal Menteri Pelabuhan, Perkapalan, dan Perairan mengatakan bahwa setelah beroperasi penuh, KMTTP akan menyediakan konektivitas alternatif dari pantai timur India ke negara bagian timur laut melalui pelabuhan Sittwe.

“Ini adalah rute yang jauh lebih layak untuk perdagangan dan perdagangan India Timur Laut, daripada rute yang ada melalui Siliguri ke Kolkata, menghemat waktu, uang, dan efisiensi yang unggul,” katanya, saat meresmikan pelabuhan Sittwe pada Mei tahun ini.

Secara potensial, KMTTP dapat menjadi bagian dari inisiatif konektivitas yang lebih besar dalam BIMSTEC (Prakarsa Teluk Benggala untuk Kerjasama Teknis dan Ekonomi Multisektoral) dan kerangka kerja Bangladesh-Bhutan-India-Nepal (BBIN).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.