Sukses

Arab Saudi Rayakan Idul Adha Hari Ini, Singapura hingga Moroko Bareng Indonesia 29 Juni

Hari Raya Idul Adha di Indonesia jatuh pada Kamis 29 Juni 2023 setelah diputuskan lewat sidang isbat pada Ahad 18 Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa 1 Dzulhijah 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada Selasa 20 Juni 2023, dengan demikian Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni setelah diputuskan lewat sidang isbat pada Ahad 18 Juni lalu. 

Selain Indonesia, sejumlah negara seperti Bangladesh, Pakistan, Jepang, Malaysia, Kanada, Singapura dan India juga merayakan Idul Adha pada tanggal yang sama, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu (28/6/2023). 

Sementara berdasarkan Saudi Press Agency, Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa negara kerajaan tersebut merayakan lebih awal yakni pada Rabu 28 Juni 2023. 

Tradisi Idul Adha mungkin saja berbeda bagi setiap negara, tetapi satu hal yang pasti akan dilakukan seluruh umat Muslim di dunia adalah sholat id di pagi hari. 

Kemudian, perayaan Idul Adha dilanjutkan penyembelihan hewan kurban, bisa berupa domba, kambing atau sapi, dan berlanjut dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga sambil makan bersama. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tradisi Idul Adha di Sejumlah Negara

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda dalam merayakan Hari Raya Idul Adha. 

Misalnya saja wilayah Yaman hingga Suriah, yang identik menyediakan manisan tradisional di hari raya tersebut. 

Sementara bagi umat muslim di Pakistan, Afghanistan dan sekitarnya, para wanita muslim baik gadis hingga lansia biasanya menghiasi tangan mereka dengan inai menjelang perayaan Idul Adha.

Berbeda lagi dengan masyarakat muslim di wilayah Afrika, di Pantai Gading hingga Kenya misalnya, yang menyembelih hewan ternak di depan umum dan menjadi tontonan bagi banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.