Sukses

Ada Vending Machine Emas Batangan di Korea Selatan, Populer di Kalangan Anak Muda

Investasi emas menjadi semakin populer belakangan ini, di Korea Selatan ada vending machine yang jual emas batangan.

Liputan6.com, Seoul - Popularitas emas batangan melonjak di Korea Selatan setelah nilainya naik di tengah tekanan inflasi yang kuat di seluruh dunia.

Mengutip UPI, Senin (19/6/2023), GS Retail mengkonfirmasi bahwa penjualan emas batangan di toko serba ada mencapai US$19 juta (Rp283,6 Miliar) dalam sembilan bulan terakhir hingga bulan Mei lalu.

Uniknya, di negara tersebut, emas batangan mulai dijual melalui mesin penjual otomatis atau vending machine.

Metode ini mulai diperkenalkan September lalu di lima toko GS Retail dengan menawarkan lima macam ukuran, mulai dari berat 0,13 ons hingga 1,3 ons.

Menurut GS Retail, harganya berfluktuasi setiap hari sesuai dengan penilaian internasional untuk emas.

Perusahaan tersebut telah mengoperasikan lebih dari 10.000 toko serba ada di seluruh Korea Selatan.

Popularitas emas batangan di toko-tokonya telah mendorong perusahaan untuk menambah jumlah gerainya menjadi 29 dengan rencana mencapai 50 pada akhir tahun.

"Emas batangan paling populer adalah yang terkecil, 0,13 ons, yang saat ini dihargai sekitar US$225 (Rp3,3 juta)," kata perwakilan GS Retail kepada UPI News Korea.

Mereka menyebutkan bahwa konsumen utamanya adalah usia 20-30-an. "Membeli emas fisik sebagai sarana investasi," ucapnya.

"Banyak orang tertarik pada aset anti-inflasi seperti emas," kata Profesor Universitas Inha Lee Eun-hee.

"Tapi emas batangan yang dibeli di toko swalayan tampaknya lebih seperti sesuatu yang dilakukan untuk bersenang-senang," ucapnya.

"Saya percaya popularitas emas batangan ini terutama karena aksesibilitasnya yang mudah, apalagi di toko swalayan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Halal Vending Machine Pertama di Jepang Resmi Diluncurkan, Jual Nasi Goreng hingga Teh Manis

Akhir-akhir ini ramai dibincangkan, Indonesia baru saja luncurkan vending machine halal di Jepang.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang, resmi meluncurkan Indonesia Halal Vending Machine di KBRI Tokyo pada Senin (12/6/2023). 

"Ini merupakan vending machine pertama di Jepang yang dibuat berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara. Sejak masa pandemi, kami bersama seluruh pihak mulai merencanakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia di Jepang. Kami berharap inovasi ini dapat menginspirasi diaspora Indonesia di Jepang lainnya," ujar Wakil Duta Besar John Boestami, seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (14/6).

Boestami menambahkan, "Hingga minggu lalu, kami sudah mendapatkan setidaknya empat inquiry dari diaspora Indonesia di Jepang yang tertarik untuk memasarkan produk halal Indonesia melalui Indonesia Halal Vending Machine ini. Nantinya akan ditempatkan di pusat keramaian, pusat ibadah, serta pusat perbelanjaan di seluruh Jepang."

Berbagai produk kemasan makanan dan minuman khas Indonesia muncul dalam etalase Indonesia Halal Vending Machine. Ada pula masakan tradisional dalam kemasan seperti rendang daging, cumi balado, sambal teri, ayam goreng, nasi goreng, dan paru balado.

Baca selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Unik, Vending Machine di Jepang Jual Daging Beruang Rp224 Ribu per Kg

Masih tentang vending machine, dan lagi-lagi berlokasi di Jepang. Kali ini, bukan jual emas batangan, melainkan daging beruang.

Vending machine atau mesin penjual otomatis di Jepang muncul dengan menu baru yang unik: daging beruang liar.

Walau terdengar aneh, namun itu bukan satu-satunya menu unik yang dijual via vending machine di Jepang. Sebelumnya sudah ada daging ikan paus, siput kaleng, hingga serangga yang dapat dimakan.

Menurut harian Jepang Mainichi Shimbun, berbagai potongan daging beruang hitam lokal dijual via mesin penjual otomatis di Kota Semboku. Pelanggan dapat memilih ingin daging berlemak atau tanpa lemak dengan harga sekitar 2.200 yen atau kurang lebih Rp224 ribu per 250 gram.

Beruang hitam Asia diklasifikasikan rentan secara internasional dan dagingnya dianggap sebagai makanan lezat nan mewah maka jarang ada restoran menyajikannya. Jepang menyatakan telah membatasi jumlah perburuannya oleh pemburu berlisensi.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Bukan Minuman, Vending Machine Ini Berisi Benda Unik

Rupanya sudah ada banyak vending machine di dunia yang menjual berbagai macam hal unik, tak melulu hanya makanan atau minuman.

Sering kali kita jumpai vending machine di pinggir jalan atau di tempat tertentu. Biasanya di dalam vending machine menawarkan berbagai minuman atau makanan ringan. Namun, ada yang berbeda dari vending machine yang satu ini, seperti dilansir dari Vidio.com, Selasa (11/7/2017) vending machine berisi mobil serta benda-benda yang jarang terbayangkan ada di sini.

1. Vending Machine Mobil

Mobil yang dijual di vending machine ini bukan mobil mainan, melainkan mobil sungguhan. Vending maching yang terdapat di Singapura ini, menjual berbagai macam jenis mobil mewah. Pengunjung akan diberikan sebuah tablet untuk memilih mobil yang diminati, dan selanjutnya pengunjung akan mengurusi urusan administrasi.

 2. Vending Machine Payung

Memang terdengar aneh, tetapi vending machine ini menjual payung untuk pejalan kaki yang kehujanan dan tidak membawa payung. Vending Machine ini terdapat di Tokyo, Jepang.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini