Sukses

Indonesia Halal Vending Machine Pertama di Jepang Resmi Diluncurkan, Jual Nasi Goreng hingga Teh Manis

Indonesia Halal Vending Machine merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang, resmi meluncurkan Indonesia Halal Vending Machine di KBRI Tokyo pada Senin (12/6/2023). 

"Ini merupakan vending machine pertama di Jepang yang dibuat berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara. Sejak masa pandemi, kami bersama seluruh pihak mulai merencanakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia di Jepang. Kami berharap inovasi ini dapat menginspirasi diaspora Indonesia di Jepang lainnya," ujar Wakil Duta Besar John Boestami, seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (14/6).

Boestami menambahkan, "Hingga minggu lalu, kami sudah mendapatkan setidaknya empat inquiry dari diaspora Indonesia di Jepang yang tertarik untuk memasarkan produk halal Indonesia melalui Indonesia Halal Vending Machine ini. Nantinya akan ditempatkan di pusat keramaian, pusat ibadah, serta pusat perbelanjaan di seluruh Jepang."

Berbagai produk kemasan makanan dan minuman khas Indonesia muncul dalam etalase Indonesia Halal Vending Machine. Ada pula masakan tradisional dalam kemasan seperti rendang daging, cumi balado, sambal teri, ayam goreng, nasi goreng, dan paru balado.

Peluncuran Indonesia Halal Vending Machine di Tokyo merupakan rangkaian kegiatan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang dalam menjaga momentum hubungan baik kedua negara di berbagai sektor.

Ekspor Indonesia ke Jepang pada tahun 2022 merupakan tertinggi sepanjang sejarah dengan capaian lebih dari USD 24 miliar. Berdasarkan data BPS yang diolah Atase Perdagangan KBRI Tokyo, khusus ekspor makanan ringan (snack) ke Jepang pada tahun 2022, Indonesia mencatatkan nilai sebesar USD 44,17 juta. Angka ini naik cukup signifikan dibandingkan 2021 sebesar USD 34,34 juta.

Periode triwulan pertama tahun 2023 juga membukukan hasil positif dengan nilai sebesar USD 10,19 juta atau naik sekitar 0,71 persen dibandingkan periode sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Jadikan Indonesia Pusat Halal Dunia 2024

Peluncuran Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan kolaborasi KBRI Tokyo dengan Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Bank BNI, Garuda Indonesia, Pertamina, dan ASEAN Japan Centre.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung hadir dalam acara peluncuran pada Senin.

Didi Sumedi menekankan pemasaran produk makanan dan minuman Halal Indonesia di Jepang melalui Indonesia Halal Vending Machine ini adalah bagian dari nation branding Indonesia sebagai pusat halal dunia di 2024.

"Pemerintah berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024, sehingga perlu dilakukan langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia. Saat ini difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi dan kosmetik. Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan langkah inovatif, kolaboratif dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut," terang Didi Sumedi. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Hilman Tisnawan, General Manager Bank BNI Tokyo Yudhi Zufrial, CEO Regional Garuda Indonesia Tokyo Sony Syahlan, Kepala Pertamina Tokyo Fuadi Arif Nasution dan perwakilan dari ASEAN Japan Centre di Tokyo juga turut hadir dalam peluncuran Indonesia Halal Vending Machine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.