Sukses

Kabel Kereta Rusak di Austria Picu Kebakaran Gerbong, 200 Penumpang Dievakuasi dari Terowongan dan 45 Orang Terluka

Peristiwa kebakaran kereta terjadi di Austria dan mengakibatkan evakuasi penumpangnya.

Liputan6.com, Wina - Sebuah kebakaran kereta terjadi di Austria dan mengakibatkan evakuasi penumpangnya.

"Kereta yang membawa penumpang dan mengangkut mobil, satu atau beberapa gerbong di antaranya terbakar akibat kabel yang rusak," kata salah satu juru bicara operator kereta Austria OeBB kepada AFP, Kamis (8/6/2023).

Pihak berwenang mengatakan sekitar 200 penumpang di Austria dievakuasi pada Rabu 7 Juni setelah kereta yang mereka tumpangi terbakar di terowongan.

"Sekitar 45 penumpang menderita luka ringan dalam insiden itu (kebakaran kereta), kemungkinan karena menghirup asap," kata polisi setempat kepada AFP.

Kereta yang menuju Hamburg dan Amsterdam itu sedang melewati terowongan dekat Kota Innsbruck di Pegunungan Alpen Austria pada Rabu malam, ketika kabel di atasnya putus, kata juru bicara operator kereta api Austria OeBB kepada AFP.

Lalu, menurut juru bicara operator kereta api Austria OeBB, beberapa gerbong di antaranya terbakar akibat kabel yang rusak.

"Api padam pada pukul 22.19, dan evakuasi selesai pada pukul 23.40 waktu setempat," tambah pejabat tersebut.

Kereta OeBB meninggalkan Wina pada Rabu malam dan dijadwalkan tiba di Amsterdam pada Kamis pagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kereta Malam Membawa Sekitar 370 Penumpang

Melansir laporan Associate Press (AP), pihak berwenang Austria mengevakuasi ratusan penumpang dari sebuah kereta api di sebuah terowongan setelah kebakaran terjadi Rabu malam.

Pihak berwenang setempat mengatakan kereta malam dengan hingga 370 penumpang berada di terowongan dekat Fritzens, sebelah timur Innsbruck di wilayah Tyrol, ketika kobaran api dimulai, Austria Press Agency melaporkan.

Operator kereta api OeBB mengatakan bahwa kerusakan pada bagian overhead wires dilaporkan sekitar pukul 20.40. Lalu sebuah mobil di gerbong kargo yang terhubung dengan kereta "Nightjet" dari Innsbruck ke Amsterdam tampaknya terbakar. Demikian disebutkan dalam sebuah pernyataan bahwa api padam pada pukul 22.20.

Evakuasi selesai tidak lama setelah pukul 23.00, kata pihak berwenang.

Layanan semalam yang dioperasikan OeBB ke beberapa tujuan Eropa terkadang membawa mobil penumpang di trailer terpisah.

OeBB mengatakan tenda didirikan untuk merawat penumpang yang diselamatkan. Mereka yang tidak membutuhkan perhatian medis dibawa ke Innsbruck, di mana para pejabat mengatur tempat bagi mereka untuk tidur jika diperlukan.

Sekitar 20 petugas pemadam kebakaran dari wilayah tersebut dikirim ke tempat kejadian setelah peringatan kebakaran pada Rabu malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini