Sukses

28 Mei 1998: Kematian Tragis Komedian Phil Hartman, Ditembak Istrinya saat Tidur

Sang bintang "Saturday Night Live", Phil Hartman, dibunuh oleh istrinya sendiri Brynn Omdahl, yang berjuang melawan penyalahgunaan zat, di rumah mereka di Los Angeles pada 1998.

Liputan6.com, Los Angeles - Saturday Night Live telah menghasilkan banyak aktor komedi legendaris. Namun, serial sketsa variasi ikonik itu telah menyaksikan tragedi yang menimpa salah satu alumninya. Phil Hartman ditembak mati oleh istrinya pada 28 Mei 1998.

Istri Phil, Brynn Omdahl, telahmasuk dan keluar dari rehabilitasi pada akhir Mei 1998. Ia mencoba berhenti dari kecanduan obat-obatan dan alkohol yang, jika dicampur dengan antidepresannya, memicu ledakan sifat kasar.

Salah satu ledakan itu terjadi setelah Brynn pulang dari makan malam bersama seorang teman. Brynn diketahui meminum minuman beralkohol. Perkelahian pun terjadi, Phil mengalah dan pergi ke kamar tidur mereka.

Pasangan itu memiliki sepasang senjata, koleksi kecil yang dimulai Brynn ketika mereka pindah kembali ke Los Angeles dari New York City.

Sekitar pukul 2 pagi, Brynn mengeluarkan pistol kaliber .38 Smith & Wesson dari kotak logam mereka di lemari dan menembak Phil beberapa kali di kepala dan dada saat ia tidur, hanya mengenakan kaos dan celana pendek, dilansir dari Biography, Kamis (25/5/2023).

Phil meninggal seketika.

Satu jam kemudian, setelah menenggak minuman keras lagi, Brynn menelepon temannya Ron Douglas dengan histeris. Ia mengatakan kepadanya bahwa Phil pergi malam itu dan telah meninggalkan pesan yang mengatakan ia akan kembali nanti. Ron menyuruhnya kembali tidur, saran yang segera ia abaikan.

Sebaliknya, Brynn muncul di depan pintu Ron sekitar 20 menit kemudian, berbau alkohol dan histeris. Ron marah, tetapi prihatin, jadi ia mengundangnya ke rumahnya.

Brynn segera ambruk di lantai ruang tamu. Takut ia overdosis, Ron membangunkannya, dan setelah itu Brynn langsung menuju ke kamar mandi, di mana ia muntah. Brynn juga berulang kali mengatakan kepadanya bahwa ia telah membunuh suaminya, tetapi bahkan ketika ia mengacungkan senjata yang digunakan untuk membunuh, Ron masih tidak percaya pada pengakuannya.

Akhirnya, Brynn cukup sadar untuk pulang, tetapi bersikeras bahwa ia hanya akan melakukannya jika Ron mengikutinya. Dalam perjalanan, Brynn menelepon dan mengaku kepada temannya Judy, yang menganggapinya lebih serius dan pergi ke rumah Phil dan Brynn.

Brynn dan Ron tiba lebih dulu. Saat menaiki tangga dan berbelok ke kamar tidur keluarga, pemandangan mengerikan membuktikan kepada Ron bahwa temannya memang telah melakukan hal yang tidak terpikirkan. Ron segera menelepon 911 untuk melaporkan pembunuhan Phil Hartman.

Saat polisi berlari menuju rumah, teman-teman Brynn tiba di tempat kejadian. Mereka membawa keluar kedua anak Phil dan Brynn, yakni Sean (9) dan Birgen (6) dari rumah. Sean memberi tahu mereka bahwa suara tembakan terdengar seperti pintu yang dibanting berulang kali.

Kedatangan polisi membuat Brynn mengunci diri di kamar tidur, duduk di sebelah suami yang telah ia bunuh, dan menelepon saudara perempuannya. Ketika polisi menggedor pintu, Brynn menutup telepon saudara perempuannya dan bunuh diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Phil dan Brynn Dimulai dengan Kuat Tetapi Segera Mulai Retak

Memiliki dua anak, seorang anak laki-laki bernama Sean dan seorang perempuan bernama Birgen, Phil tidak pernah sebahagia ini di pertengahan tahun 90-an. Namun, kesenjangan dalam tingkat kesuksesan mereka dan kepribadian Phil yang menyendiri menimbulkan masalah.

"Seiring berjalannya bulan, keretakan mulai terlihat dan Phil melakukan apa yang ia lakukan dengan dua hubungan terakhirnya, ia mulai menarik diri secara emosional," kata Mike Thomas, penulis biografi "You Might Remember Me: The Life and Times of Phil Hartman".

"Mereka memulai pola perkelahian dan berbaikan yang akan menandai hubungan mereka sejak saat itu."

Emosi dan rasa cemburu Brynn yang sangat tinggi juga menimbulkan masalah. Misalnya, ketika istri Phil sebelumnya menulis surat ucapan selamat setelah kelahiran putra mereka, Brynn tidak menerimanya dengan baik.

"Saya mendapat kembali surat yang menakutkan, penuh amarah, dan ancaman kematian dari Brynn," kata Lisa Jarvis, istri kedua Phil.

"Ia (Brynn) kesulitan mengendalikan amarahnya," Steve Small, pengacara dan teman dekat Phil, mengatakan kepada Los Angeles Times. "Ia ingin mendapatkan perhatian dengan marah-marah. Phil mengatakan ia harus menahannya kadang-kadang."

Menurut Steve, Phil sering mengakhiri pertengkaran mereka dengan menarik diri dan tidur, lebih memilih untuk membiarkannya tenang dalam semalam. Brynn mulai minum dan menyalahgunakan kokain lagi.

3 dari 4 halaman

Phil adalah Bintang Komedi yang Tidak Biasa

Phil adalah orang biasa yang mudah beradaptasi yang melapisi pesona halus dan membentuk karakter asli sembari memaku kesan orang kaya, terkenal dan kuat. Seorang pemalu yang berpendidikan dan sukses sebagai desainer grafis, Phil beralih ke komedi setelah menjadi sukarelawan untuk naik ke atas panggung selama pertunjukan oleh rombongan Groundlings yang ikonik di Los Angeles.

"Saya tidak pernah melihat seorang penonton muncul dengan kegembiraan dan energi seperti itu. Itu seperti badai yang menghantam panggung itu, dan maksud saya dengan cara yang baik," Tracy Newman, seorang komedian dan anggota pendiri The Groundlings.

Mereka sangat terkesan sehingga mengundang Phil untuk bergabung dengan rombongan keliling mereka saat ia mengambil kelas bersama mereka di Los Angeles.

Phil terbukti tidak hanya energik, tetapi juga seorang pemain sandiwara alami dan penulis yang brilian, ia membantu menciptakan karakter Pee-wee Herman dengan Paul Reubens dan ikut menulis skenario untuk film pertamanya, Pee-wee’s Big Adventure.

"Apa pun yang akan ia bayangkan atau katakan, tidak ada yang dapat Anda bayangkan atau pikirkan," kata rekannya dari Groundlings dan Saturday Night Live, Jon Lovitz.

"Ia bisa melakukan suara apa saja, memainkan karakter apa saja, membuat wajahnya terlihat berbeda tanpa riasan. Ia adalah raja kaum Groundling."

4 dari 4 halaman

Bergabung dengan Saturday Night Live Membuat Phil Jadi Bintang

Pada 1986, Phil bergabung dan menjadi salah satu pemeran di Saturday Night Live, acara varietas komedi terkenal di Amerika Serikat.

Phil juga langsung sukses di sana, dengan karakter orisinal seperti Unfrozen Caveman Lawyer dan melakukan impersonator atau kesan hit seperti Ronald Reagan, Bill Clinton, Charlton Heston, dan Ed McMahon.

Delapan tahun di sana, ia memutuskan untuk meninggalkan Saturday Night Live pada 1994. Phil juga memenangkan Emmy sebagai penulis, dinominasikan untuk yang lain sebagai pemain dan secara umum dianggap sebagai pemeran terpenting dari sebuah pertunjukan yang ia bantu hidupkan kembali.

Phil juga mengisi suara untuk banyak karakter kartun The Simpsons. 

Serial variety-nya sendiri gagal diluncurkan, jadi ia pun bergabung dengan pemeran sitkom NewsRadio, di mana ia berperan sebagai pembawa berita radio yang arogan dan tidak tahu apa-apa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini