Sukses

Kucing 'Janus' Tertua Punya Satu Otak Dua Wajah, Hidup 15 Tahun Lalu Disuntik Mati Akibat Kanker

Frank dan Louie, meski memiliki dua nama, tetapi mereka hanyalah satu kucing. Dia memiliki satu otak, tetapi memiliki dua wajah yang hampir terpisah, masing-masing dengan hidung dan mulutnya sendiri.

Liputan6.com, Massachusetts - Adalah Frank dan Louie, meski memiliki dua nama, tetapi mereka hanyalah satu sosok, kucing. Dia memiliki satu otak, tetapi memiliki dua wajah yang hampir terpisah, masing-masing dengan hidung dan mulutnya sendiri.

Kedua mulutnya terhubung ke satu kerongkongan, meskipun hanya satu mulut yang berfungsi. Lainnya tidak memiliki rahang bawah. Selain itu, dia memiliki tiga mata, tetapi mata tengahnya buta dan tidak berkedip.

'Kucing Janus' seperti ini jarang bertahan hidup lebih dari sehari setelah kelahiran mereka, namun Frank dan Louie hidup sangat lama.

Kucing ini lahir pada 8 September 1999 dan mati 4 Desember 2014., dalam usia 15 tahun 87 hari. Ia kemudian tercatat menjadi kucing 'Janus' yang bertahan paling lama, demikian dikutip dari Guinness World Records, Selasa (13/6/2023). 

Istilah 'kucing Janus' digagas oleh Dr Karl Shuker, seorang ahli zoologi Inggris yang bekerja sambilan sebagai konsultan ilmu kehidupan untuk Guinness World Records (GWR).

"Kucing seperti Frank dan Louie, lahir dengan dua wajah, menderita kelainan perkembangan yang dikenal sebagai diprosopia, di mana wajah melebar dan sebagian terduplikasi selama embriogeni karena produksi berlebihan protein spesifik yang disebut SHH," jelas Dr Shuker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asal Muasal Nama Kucing Janus

"Istilah teknis untuk kucing semacam itu adalah diprosopus, tetapi karena ini bukan istilah yang paling mudah diucapkan, namun, ketika saya pertama kali menulis tentang kucing seperti itu lebih dari satu dekade yang lalu, saya menciptakan istilah 'kucing Janus' untuk mereka, dinamai menurut God of Doorways, Janus, yang memiliki satu tubuh dan satu kepala tapi dua wajah, seperti kucing ini," kata Dr Shuker. 

Frank dan Louie dimiliki oleh Martha "Marty" Stevens, seorang perawat hewan dari Massachusetts, AS.

Dia sedang bekerja di Cummings School of Veterinary Medicine di Tufts University ketika peternak Frank dan Louie membawanya.

Marty merasa kasihan pada anak kucing berumur satu hari itu dan memutuskan untuk menyelamatkannya, meskipun para ahli memperingatkannya bahwa dia tidak mungkin bertahan lama.

Frank dan Louie pada awalnya tidak bisa makan sendiri, jadi Marty memberinya susu formula khusus selama tiga bulan sampai dia belajar cara makan sendiri.

Kelaparan adalah salah satu penyebab utama kematian kucing Janus, yang sulit makan karena cacat bawaan yang mereka derita.

 

 

3 dari 3 halaman

Butuh Perhatian dan Perawatan yang Konstan

Selama tiga bulan pertama itu, Marty juga membawa Frank dan Louie untuk bekerja dengannya, karena anak kucing itu membutuhkan perawatan dan perhatian yang konstan.

Frank dan Louie melanjutkan untuk menentang segala rintangan dengan menjalani hidup yang panjang dan sehat.

Seiring waktu, dia menjadi cukup kuat untuk mulai bermain dengan kucing lain, dan dia membentuk ikatan khusus dengan anjing keluarga.

Marty menggambarkan Frank dan Louie sebagai kucing yang sangat santai, tidak takut pada orang, sangat ramah, dan dia sebenarnya lebih seperti anjing daripada kucing. Kucing ini suka naik mobil.

Setelah tampil di Guinness World Records 2012 lalu, Frank dan Louie menjadi selebritas internet, muncul di banyak artikel berita dan video.

Sayangnya, pada tahun 2014, Frank dan Louie disuntik mati karena menderita kanker yang agresif.

"Dia berusia 15 tahun, usia yang luar biasa untuk seekor kucing Janus, jauh melampaui semua contoh sebelumnya dan sepertinya tidak akan pernah terlampaui oleh siapa pun di masa depan," kata Dr Shuker saat itu.

"Sebuah bukti yang luar biasa untuk cinta dan pengabdian yang selalu diberikan Marty kepadanya sepanjang hidupnya yang panjang dan bahagia bersamanya. Beristirahatlah dengan tenang, Frank dan Louie," tambahnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini